Klungkung (ANTARA News) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membangun sebuah rumah kreatif di Banjar Sangging, Desa Kamasan yang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Klungkung (Bali), Nyoman Suwirta, pada Sabtu.

Rumah kreatif tersebut merupakan satu-satunya yang dibangun di Bali yang melibatkan Pertamina, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan PLN.

Rumah kreatif yang diresmikan Bupati Nyoman Suwirta itu sebagai tempat untuk memamerkan berbagai jenis produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Kamasan.

Senior Analisis Planing CSRSME Partnership Program Pertamina, Priyo mengatakan, rumah kreatif BUMN tersebut merupakan program yang dicanangkan Kementerian BUMN sebagai wadah bimbingan dan pelatihan para enterpreneur dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Program tersebut sebagai upaya membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan kualitas standarisasi produk dan pemanfaatan digital dalam pengembangan usaha seperti memanfaatkan situs e-commerce sebagai etalase online produk-produk UMKM.

Melalui Rumah Kreatif BUMN, para pelaku usaha di Kabupaten Klungkung akan memiliki kemampuan dan kesempatan untuk memasarkan produk-produk UMKM mereka ke pasar global dengan tanpa batas, sehingga dapat mendorong tumbuhnya perekonomian melalui sektor UMKM seiring dengan tumbuhnya pemanfaatan ICT oleh masyarakat.

"Kementerian BUMN mencanangkan untuk menyediakan Rumah Kreatif BUMN di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Hingga akhir 2016, Telkom beserta enam BUMN lainnya akan menyelesaikan 100 unit, termasuk satu unit di Bali yakni di Desa Kamasan Kabupaten Klungkung yang telah diresmikan dan siap dioperasikan," ujar Priyo.

Bupati Nyoman Suwirta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama Kementerian BUMN dan Pertamina karena memilih Kabupaten Klungkung sebagai tempat pendirian Rumah Kreatif di Bali.

Pihaknya yakin Desa Kamasan dipilih karena memiliki potensi. Dengan hadirnya rumah kreatif ini, Desa Kamasan yang dicanangkan sebagai Desa Wisata akan semakin lengkap dan segera beroperasional di tahun 2017.

Ia mengajak seluruh komponen masyarakat Desa Kamasan menyiapkan segala sarana penujang Desa Wisata, disamping yang telah disiapkan Pemkab setempat.

Dengan adanya rumah kreatif semoga akan semakin menggairahkan para pengerajin dan seniman setempat mengembangkan usaha sekaligus mendukung pengembangan Desa Wisata Kamasan.

Pemkab Klungkung telah melakukan berbagai upaya, diantaranya pembangunan gapura, pengaspalan jalan desa kamasan, penempatan petugas kebersihan serta pendataan UMKM.

"Kami akan segera lakukan sosialisasi Desa Wisata kepada masyarakat, kami ingin hal itu bukan hanya sekedar wacana namun Desa Wisata Kamasan benar-benar terwujud," ujar Bupati Suwirta.

Pewarta: Dewa Sentana dan Gembong Ismadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016