Srinagar, Kashmir-India (ANTARA News) - Tentara India dan Pakistan pada Minggu (1/1) terlibat baku-tembak dan saling menyerang posisi lawan di Jalur Pemantauan (LoC), yang memisahkan Kashmir, kata beberapa pejabat.

Kedua pihak terlibat baku tembak di LoC di Poonch, sekitar 180 kilometerdi sebelah barat-daya Kota Srinagar, ibu kota musim panas Kashmir yang dikuasai India.

Para pejabat pertahanan mengatakan baku tembak meletus sekitar pukul 10.00 waktu setempat dan berlanjut sampai lebih dari tiga jam.

Tak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan di sektor itu.

Pada Jumat (30/12), seorang warga sipil tewas dalam peristiwa serupa di sektor tersebut.

Selain korban jiwa di pihak tentara, baku tembak juga telah merenggut korban sipil di kedua pihak, selain memicu pengungsian warga dari daerah perbatasan, kata Xinhua.

Tahun lalu terjadi lonjakan bentrokan kecil di Perbatasan Internasional dan LoC antara tentara kedua negara.

New Delhi dan Islamabad saling menuduh masing-masing melakukan penembakan tanpa provokasi dan pelanggaran kesepakatan gencatan senjata. Kedua pihak berkeras tentara mereka memberi tanggapan yang sesuai.

Tentara India dan Pakistan kadangkala terlibat baku tembak di sepanjang 720 kilometer LoC dan 198 kilometer Perbatasan Internasional di Kashmir, meskipun ada kesepakatan pada 2003, yang menetapkan gencatan senjata.

Meskipun sebagian pelanggaran telah dilaporkan dilakukan oleh kedua pihak, namun gencatan senjata tetap berlaku.

Kashmir, wilayah di Pegunungan Himalaya yang terpecah antara India dan Pakistan, diklaim oleh kedua negara bertetangga tersebut secara keseluruhan. Sejak kemerdekaan mereka dari Inggris, keduanya telah tiga kali berperang, dua secara khusus mengenai Kashmir.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017