Kuota atlet Pelatnas PBSI belum terpenuhi

Kuota atlet Pelatnas PBSI belum terpenuhi

Trio tunggal putra Jonatan Christie, Anthony Ginting, dan Ihsan Maulana masih menghuni asrama Cipayung pada Pelatnas 2017. (ANTARA News/ Monalisa)

Kami akan mempertimbangkan pemenuhan kuota atlet itu dari pemain-pemain klub yang akan magang sebagai atlet pelatnas
Jakarta (ANTARA News) - Kuota atlet-atlet Pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) masih ada yang belum terpenuhi hingga awal Januari 2017, menyusul pengumuman komposisi atlet dan pelatih pelatnas PBSI di Jakarta, Rabu.

"Kuota yang sudah terpenuhi hanya untuk sektor ganda putri dan ganda campuran. Sektor lain masih ada beberapa yang kurang seperti tunggal putra kurang tiga orang," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti dalam jumpa pers di pelatnas PBSI.

PP PBSI menetapkan kuota sektor tunggal putra dan tunggal putri masing-masing 14 orang, baik untuk pelatnas utama maupun pelatnas pratama.

Sedangkan sektor ganda putra dan ganda campuran mempunyai kuota masing-masing 24 atlet untuk pelatnas utama dan pramata. Hanya sektor ganda putri yang mempunyai kuota atlet 22 orang atau 11 pasangan.

Komposisi atlet pelatnas PBSI pada 2017 yang telah terpenuhi untuk sektor tunggal putra sebanyak 11 orang, tunggal putri sebanyak 12 orang, ganda putra 20 orang, ganda putri 22 orang, dan ganda campuran 24 orang.

"Kami akan mempertimbangkan pemenuhan kuota atlet itu dari pemain-pemain klub yang akan magang sebagai atlet pelatnas. Proses magang itu akan menjadi seleksi bagi pemain-pemain klub untuk menjadi atlet pelatnas," tutur Susy.

Namun, Susy belum menyebut kepastian waktu pembukaan magang bagi pemain-pemain klub bulu tangkis ke pelatnas PBSI.

Sejumlah atlet yang masih ada dalam komposisi atlet pelatnas PBSI antara lain Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Ihsan Maulana Mustofa pada tunggal putra. Kemudian, Fitriani, Hanna Ramadini, Gregoria Mariska Tunjung, dan Dinar Dyah Ayustine pada tunggal putri.

Pada ganda putra, atlet yang masih berada di pelatnas yaitu Mohammad Ahsan, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama, Ricky Karanda Suwardi, Rian Agung Saputro, dan Berry Angriawan.

Greysia Polii, Nitya Krishinda Maheswari, Della Destiara Haris, Rosyita Eka Putri Sari, Anggita Shitta Awanda, Ni Ketut Mahadewi Istarani masih tetap di pelatnas PBSI sebagai ganda putri utama.

Terakhir pada sektor ganda campuran, atlet-atlet seperti Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Praveen Jordan, Debby Susanto, Ronald Alexander, dan Melati Daeva Oktaviani masih berlatih di pelatnas PBSI.

Sejumlah atlet yang telah terdegradasi dari pelatnas PBSI antara lain Richi Puspita Dili, Riky Widianto pada sektor ganda campuran. Sedangkan sejumlah atlet yang mundur dari pelatnas PBSI antara lain Hendra Setiawan pada sektor ganda putra dan Linda Wenifanetri pada sektor tunggal putri.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar