counter

Kakorlantas baru targetkan sejumlah peningkatan layanan

Kakorlantas baru targetkan sejumlah peningkatan layanan

Polisi (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Jakarta (ANTARA News) - Kepala Korlantas Polri Brigjen Pol Royke Lumowa menargetkan sejumlah peningkatan pelayanan terhadap masyarakat di bidang lalu lintas.

"(Peningkatan pelayanan) baik itu pelayanan di ruangan, kualitas sarana prasarana, teknologi informasi dan SIM online," kata Royke.

Hal itu diutarakan Royke usai menjalani serangkaian upacara penyambutan di area Gedung Korlantas, Jakarta, Rabu, atas jabatan barunya sebagai Kepala Korlantas Polri.

Royke menyebut, dengan adanya proses pembuatan SIM secara online, mempermudah masyarakat dalam mengurus SIM dan menekan kemungkinan terjadinya pungutan liar.

"(Sistem) online mempermudah masyarakat mengurus SIM. Yang biasanya harus melewati lima loket, sekarang hanya satu (loket)," ujarnya.

Royke pun menyatakan dirinya akan memaksimalkan upaya dalam membenahi kualitas anggota Polantas dengan memberikan sanksi pada oknum Polantas yang kerap melanggar aturan.

"Sudah ada aturannya, yang melanggar kami beri hukuman. Tidak sedikit anggota yang telah diberikan hukuman saat kedapatan melanggar," katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya pemberian sanksi yang tegas terhadap oknum Polantas dapat menjadikan Polantas sebagai pengayom masyarakat di jalan raya. "Obsesi saya bagaimana agar membuat Polantas lebih baik," katanya.

Sementara terkait peraturan baru mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diantaranya memuat ketentuan tentang kenaikan tarif untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor termasuk pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan penerbitan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami akan sosialisasikan terus ke masyarakat untuk mau membayar pajak secara ikhlas. Pajak itu kan manfaatnya dikembalikan lagi ke masyarakat. Pelayanan terhadap masyarakat harus ditingkatkan karena dana yang masuk ke negara akan kembali lagi berupa pelayanan masyarakat," ujarnya.

Sementara dalam kesempatan tersebut, mantan Kakorlantas Irjen Pol Agung Budi Maryoto dilepas dengan upacara pedang pora oleh keluarga besar Korlantas dan sejumlah perwakilan Dirlantas seluruh Indonesia. Irjen Agung kini mengisi jabatan baru sebagai Kapolda Sumsel.

Pewarta: Anita P Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Kakorlantas ajak mahasiswa jadi agen keselamatan berlalu lintas

Komentar