Paris tingkatkan infrastruktur untuk bersepeda

Paris tingkatkan infrastruktur untuk bersepeda

Seorang pria beristirahat di bawah sinar matahari dekat jembatan Alexandre III, di Sungai Seine, Paris. (Reuters)

Paris (ANTARA News) - Paris berencana meningkatkan infrastruktur untuk bersepeda dan akan melarang mobil melintasi museum Louvre sebagai langkah memerangi polusi, demikian disampaikan Wali Kota Paris, Anne Hidalgo.

Hidalgo mengumumkan, dua jalur sepeda baru sepanjang empat kilometer di Rue de Rivoli, jalan utama dari timur ke barat yang merupakan salah satu jalan paling terkenal di kota itu. Jalur tersebut juga menghubungkan Place de la Bastille dan Place de la Concorde .

Dia juga mengatakan Paris akan mempercepat rencana untuk melipatgandakan jumlah jalur bersepeda pada 2020.

"Iklim adalah prioritas utama. Sedikit mobil berarti sedikit polusi. 2017 akan menjadi tahun sepeda," kata Hidalgo dalam pernyataan.

Kebisingan dan polusi udara di Rue de Rivoli, yang menghubungkan landmark utama seperti Museum Louvre, Palais Royal dan daerah bersejarah Marais, akan menjadi area untuk berjalan, bersepeda dan belanja, di mana ruang untuk mobil akan dibagi dua.

Kota ini juga akan melarang mobil pribadi melintasi tempat bersejarah du Carrousel du Louvre, yang memotong jalur taman Tuileries dan alun-alun di depan Louvre, museum yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan sekitar 9 juta pengunjung per tahun.

Paris berencana mengutamakan pejalan kaki di sebagian besar lokasi di Marais tahun ini dengan membatasi lalu lintas mobil, transportasi umum dan bisnis lokal.

Pada 2018, Paris juga akan mulai mengoperasikan "trem-bus" baru di sepanjang tepi kanan Seine untuk meningkatkan infrastruktur transportasi umum sebagai bagian dari rencana untuk Olimpiade 2024.

Wakil Walikota Bidang Transportasi Christophe Najdovski mengatakan kota-kota seperti Bordeaux dan Lyon akan membuka kembali akses jalan ke sungai dan melarang polusi akibat mobil dari pusat kota, seperti yang dilakukan Tokyo.

"Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, seperti puncak peningkatan polusi yang terjadi di akhir 2016," kata Najdovski.

Pada September, Paris menjadikan jalan raya di tepi kanan sungai Seine menjadi zona pejalan kaki dalam upaya mengurangi polusi meskipun terdapat protes keras dari para pengendara mobil dan oposisi konservatif.

Dalam 15 tahun terakhir, lalu lintas mobil pribadi di Paris mencapai 30 persen, sehingga kota tersebut mengampanyekan skema bersepeda Velib yang populer dan skema kendaraan listrik Autolib, kata pemerintah kota. Demikian dilansir Reuters.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar