karena Palembang menjadi tuan rumah ISG pada tahun 2013
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengusulkan Alex Noerdin yang kini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan sebagai salah satu kepala kontingen (chief de mission/CDM) untuk "Islamic Solidarity Games" (ISG) 2017.

"Alasannya karena Palembang menjadi tuan rumah ISG pada tahun 2013," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot Dewa Broto di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin.

Alex Noerdin sendiri pernah menjadi Kepala Kontingen Indonesia pada SEA Games 2009 di Laos. Saat itu, Alex dibantu oleh Muddai Madang yang kini Wakil Ketua KOI sebagai Sekretaris Kontingen.

Gatot melanjutkan, untuk ajang olahraga multicabang internasional lain seperti Sea Games 2017 di Malaysia dan Asian Games 2018 di Indonesia, KOI masih melakukan seleksi.

Meskipun demikian, nama Alex Noerdin juga digadang-gadang menjadi calon kuat sebagai CDM SEA Games di Malaysia yang diselenggarakan mulai 19 Agustus 2017. Hal ini sempat disampaikan juru bicara KOI Hellen Sarita de Lima.

"Alex Noerdin menjadi salah satu kandidat chief de misson untuk SEA Games atau ISG," tutur Hellen.

Selain untuk SEA Games dan Asian Games, calon pengisi posisi kepala kontingen juga belum diumumkan untuk Asian Winter Games 2017 di Sapporo, Jepang dan Asian Indoor and Martial Arts Games 2017 di Ashgabat, Turkmenistan yang akan diikuti atlet-atlet Indonesia.

Gatot Dewa Broto menuturkan, penetapannya akan menunggu keputusan dari pihak KOI.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017