China tegaskan kapal induknya lewati Selat Taiwan untuk latihan

China tegaskan kapal induknya lewati Selat Taiwan untuk latihan

Kapal induk China Liaoning serta armadanya mengadakan latihan di sebuah wilayah di Laut Cina Selatan dalam foto tidak bertanggal yang diambil pada bulan Desember 2016. (REUTERS/Stringer)

Beijing (ANTARA News) - Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China menegaskan kapal induknya, Liaoning, melintasi Selat Taiwan untuk latihan rutin.

Pernyataan resmi Angkatan Laut China, Kamis, menyebutkan formasi kapalnya melewati Selat Taiwan menuju ke Laut China Selatan untuk latihan dan tes rutin.

Tiongkok menyatakan kapal induknya kembali setelah melakukan latihan uji coba senjata dan perlengkapan di perairan Laut China Selatan dan bahwa pergerakan itu dilakukan sesuai dengan hukum internasional.

Sehari sebelumnya Wakil Menteri Luar Negeri China Liu Zhenmin mengatakan kapal-kapal negaranya tidak mungkin terus berada di pangkalan.

"Selat Taiwan adalah jalur perairan internasional yang dibagi antara China daratan dan Taiwan. Jadi normal bagi Liaoning untuk bolak-balik melalui Selat Taiwan dalam rangka latihan, dan hal itu tidak akan memengaruhi hubungan antar selat," kata Liu.

Kementerian Pertahanan Taiwan juga menyatakan kapal induk Tiongkok yang baru kembali dari latihan militer di Laut China Selatan tidak melanggar laut wilayah Taiwan, namun memasuki zona identifikasi pertahanan yang berada di sebelah barat daya.

Taipei merespons dengan mengirim jet tempur dan kapal angkatan laut untuk melakukan survei dan mengawasi kapal-kapal militer Tiongkok yang melintas.



Pewarta: Rini Utami
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar