Libreville (ANTARA News) - Emmanuel Adebayor kembali ke panggung sepak bola besar yang untuk pertama kalinya sejak masa kontraknya dengan Crystal Palace berakhir musim lalu, kala memimpin negaranya dalam pertandingan Piala Afrika, hari ini.

Adebayor kini tidak memiliki klub, tetapi dipercaya menjadi kapten Timnas Togo. Negara ini akan menghadapi Pantai Gading pada pertandingan pembuka Grup C di stadion baru di Oyem. Stadion ini dibuka pekan lalu namun para pekerjanya masih berada di stadion untuk menyelesaikan sentuhan terakhir di venue ini.

Adebayor mungkin kaku karena lama tidak bermain sepak bola, namun pelatih Togo Claude Le Roy malah berharap dia menciptakan dampak besar kepada tim.

"Dia pemain yang luar biasa, dia punya status dalam pertandingan ini dan dia adalah kunci kami," kata dia.

Togo menghadapi Pantai Gading yang bertabur bintang dan diperkuat Wilfried Zaha, namun tanpa Yaya Toure (pensiun) dan Gervinho (cedera). Setelah Togo melawan Pantai Gading, ada pertandingan Maroko melawan Kongo yang menempati peringkat ketiga pada Piala Afrika dua tahun silam.

Maroko dilatih oleh Herve Renard yang pernah membawa Pantai Gading menjuarai Piala Afrika edisi 2015 dan Zambia pada 2012.

Senegal menjadi tim pertama yang menang pada turnamen ini setelah membabat Tunisia 2-0 pada pertandingan pembuka Grup B yang juga mempertemukan Aljazair dan Zimbabwe yang bermain seri 2-2, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017