BNPB: Pusat gempa dekat Gunung Sinabung

BNPB: Pusat gempa dekat Gunung Sinabung

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Medan (ANTARA News) - Pusat gempa yang melanda Provinsi Sumatera Utara pada Senin malam dekat dengan Gunung Simabung karena hanya berjarak sekitar 33 kilometer dari Kabupaten Karo.

Dalam pesan singkat yang diterima di Medan, Senin malam, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BMKG telah melaporkan jika pusat gempa itu berada di darat yakni di 28 km barat daya Kabupaten Deli Serdang.

Dengan kondisi itu, pusat gempa tersebut berdekatan dengan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

Pihaknya berharap gempa tersebut tidak semakin meningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung yang sekian lama mengalami erupsi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus mengintensifkan pengamatan Gunung Sinabung yang masih berstatus "Awas".

Menurut Sutopo, berdasarkan analisis peta, gempa tersebut dirasakan di sekitar Kabupaten Deli Serdang dan Kota Binjai dengan intensitas sekitar IV hingga V MM.

Dengan demikian, guncangan gempa tersebut dirasakan ringan hingga sedang dan perkirakan gempa tidak berdampak pada kerusakan bangunan secara masif.

Sebelumnya, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kualanamu Mega Sirait mengatakan Sumut mengalami dua kali gempa.

Gempa pertama terjadi pada pukul 19.13 WIB dengan kekuatan 3,9 skala richter (SR) yang berpusat di 23 km barat daya Kabupaten Deliserdang

Sedangkan gempa kedua terjadi pada pukul 19.42 WIB dengan kekuatan 5,6 SR yang berpusat di 28 km barat daya.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

ACT kirimkan bantuan warga Sumut ke Sulteng

Komentar