Avsec Makassar gagalkan pengiriman 300 detonator tujuan Jakarta

Avsec Makassar gagalkan pengiriman 300 detonator tujuan Jakarta

detonator (ANTARA FOTO/GreenLee)

Rencana paket tersebut akan dikirim menggunakan pesawat Batik Air nomor penerbangan ID-6183 dengan tujuan Jakarta."
Makassar (ANTARA News) - Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menggagalkan pengiriman tiga kardus paket yang diduga detonator peledak setelah terdeteksi sinar X-Ray.

"Kami menerima adanya laporan dari petugas Avsec bandara jika ditemukan tiga paket dibungkus kardus yang diduga bahan peledak seperti detonatrornya," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Selasa.

Berdasarkan data yang diterimanya dari petugas Avsec Sultan Hasanuddin Internasional Airport (SHIAM) itu, bungkusan paket dalam kardus itu terdeteksi sinar X-ray saat melewati pemeriksaan kargo.

Awalnya saat berada dibagian kargo bandara, petugas tidak curiga dengan kardus itu dan setelah ditimbang kemudian dimasukkan dalam mesin pemeriksa X-ray barulah terdeteksi adanya keganjilan sehingga dibuka paksa paket tersebut.

"Sempat melewati bagian kargo dan ditimbang. Setelah itu dimasukkan dibagian pemeriksaan X-ray dan disitulah baru terdeteksi kalau itu benda yang mencurigakan hingga akhirnya dibuka oleh petugas," katanya.

Adapun paket itu dikirim melalui perusahaan jasa pengiriman dengan nomor register SMU 4646771 yang di dalam keterangannnya berisi dokumen, makanan dan paket.

Petugas yang memeriksa mencurigai paket tersebut saat melintas di X-ray, lalu memerintahkan ke kurir yang membawanya untuk membuka paket tersebut.

Saat dibuka ditemukan barang berupa detonator yang dibungkus dengan roti dan kapas. Security Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin itu kemudian mengamankan paket kiriman kargo yang diduga berisi detonator tersebut.

Paket tersebut kemudian diamankan di area steril untuk pendataan dan diketahui paket itu dikirim atas nama Ayung yang beralamat di Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Paketnya sendiri ditujukan kepada Udin yang beralamat di Jalan Husin Hamzah No 6 Pal 5, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Adapun jumlah detonator yang ada dalam tiga paket kardus itu setelah dihitung oleh petugas Avsec bandara sebanyak 300 butir

"Rencana paket tersebut akan dikirim menggunakan pesawat Batik Air nomor penerbangan ID-6183 dengan tujuan Jakarta," jelasnya.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar