Den Haag (ANTARA News) - Amsterdam mengalami pemadaman listrik besar-besaran pada Selasa (17/1), menyebabkan kekacauan di jalan raya dan jalur kereta api yang mengakibatkan para penumpang terlantar pada jam sibuk menurut pihak berwenang.

Pemadaman listrik menghentikan layanan kereta ke atau dari stasiun kereta utama Amsterdam, membuat para penumpang memilih menggunakan kendaraan pribadi dan memicu kemacetan parah.

"Beberapa bagian lain di negara tersebut juga terkena imbas pemadaman listrik" menurut Dutch National Rail di situsnya.

"Gangguan listrik kemudian diperbaiki, tapi lalu lintas kereta api masih terganggu," kata Dutch National Rail sebelum pukul 10.00 (0900 GMT).

Gangguan listrik diperbaiki pukul 0800 GMT menurut perusahaan listrik Liander, tapi mereka memperingatkan "masalah mungkin masih akan terjadi saat proses penghidupan kembali listrik."

Liander tidak menjelaskan penyebab pemadaman listrik, tapi Belanda mengalami suhu di bawah 0 semalam.

Pada Selasa dini hari, sebagian besar wilayah Amsterdam dan tetangga utaranya Zaandam dan Landsmeer mengalami pemadaman listrik besar-besaran, yang berimbas pada sekitar 360.000 rumah dan angkutan umum termasuk layanan trem ibu kota menurut Liander.

Asosiasi keselamatan jalan Belanda, ANWB, mengingatkan bahwa kemacetan lalu lintas parah telah terjadi di jalan raya A2 antara Amsterdam dan Utrecht.

Siaran berita publik Belanda NOS menunjukkan gambar-gambar komuter yang pasrah menunggu di stasiun pusat Utrecht sebelum masalah listrik diatasi, sementara itu antrean panjang terlihat di tempat-tempat pemberhentian bus di stasiun Amsterdam Centraal menurut warta kantor berita AFP.(mr)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017