Jakarta (ANTARA News) - Mantan Presiden AS George H.W Bush dirawat di rumah sakit di Houston, televisi afiliasi CBS Houston KHOU melaporkan pada Rabu, mengutip kepala staf kantornya Jean Becker.

Pria berusia 92 tahun itu berada dalam kondisi stabil dan baik-baik saja, kata Jean Becker. Bush diperkirakan akan pulang dalam beberapa hari, demikian disampaikan Becker kepada KHOU dikutip Reuters.

Dalam hal ini, Reuters belum dapat mengonfirmasi langsung kepada juru bicara keluarga Jim McGrath atau pihak rumah sakit tempat Bush dirawat.

Bush adalah ayah dari mantan Presiden George W. Bush dan mantan Gubernur Florida Jeb Bush. Jeb Bush sempat mencalonkan diri sebagai Presiden AS dari Partai Republik pada Pilpres 2016.

George H.W. Bush, yang merupakan seorang politisi dari Partai Republik, pernah menjabat sebagai wakil presiden AS selama dua periode saat Gedung Putih dipimpin Ronald Reagan, hingga akhirnya terpilih sebagai presiden pada 1988 dan menjabat selama empat tahun.

Bush menggunakan kursi roda beberapa tahun kemudian dan pernah dua kali dirawat di rumah sakit. Pertama dirawat selama tujuh minggu karena pneumonia dan selanjutnya dirawat karena kesulitan bernapas.

Pada Juli 2015, ia mengalami patah tulang leher karena terjatuh di rumah keluarganya di Maine.

Kemunculan Bush di depan publik jarang terlihat sejak memasuki Tahun 1990-an. Pada Oktober 2015, Bush yang duduk di kursi roda, dengan penjepit leher dan berpakaian jersey tim Houston Astros, terlihat di lapangan baseball saat pertandingan penentuan tim tersebut melawan Kansas City Royals.

Dia turut memperingati hari penyerangan Jepang di Pearl Harbour ke-75 pada 2016 dengan menghadiri upara di perpustakaannya di Texas A&M University, di mana Bob Dole, mantan Senator Republik dari Kansas memberikan penghargaan untuk pelayanan publik.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017