Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) menjalin kemitraan dengan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dalam mengaplikasikan solusi "Enterprise Resource Plan" (ERP)-SAP di lingkungan perusahaan jasa klasifikasi dan sertifikasi kapal niaga di Indonesia itu.

Penandatangan kerja sama Telkom-BKI dilakukan antara Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo dan Direktur Utama BKI.

Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo dalam siaran pers di Jakarta, Kamis mengatakan, Go Live pekerjaan aplikasi IT dan managed service ERP-SAP ini diharapkan mampu menciptakan nilai tambah BKI, mendukung kegiatan operasional, meningkatkan kapasitas bisnis secara efektif dan efisien.

BKI merupakan BUMN yang bergerak pada jasa klasifikasi kapal dan usaha konsultasi & supervisi secara menyeluruh mulai dari mengeluarkan sertifikasi kapal, instalasi mesin dan listrik, memeriksa dan meneliti gambar-gambar konstruksi kapal, survei bangunan, hingga pengujian dan laboratorium.

"Kami berterima kasih karena BKI mempercayakan implementasi aplikasi ERP-SAP kepada TelkomGrup. Kami memiliki kompetensi Information & Communication Technology (ICT) yang bisa dimanfaatkan oleh semua perusahaan milik negara melalui program Sinergi BUMN," ujar Indra.

Penerapan aplikasi ERP-SAP ini akan membantu BKI dalam mengintegrasikan proses bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien sehingga dapat berpengaruh positif pada performansi perusahaan.

Sementara itu, Direktur Utama BKI Rudiyanto mengatakan aplikasi ERP-SAP ini merupakan tindak lanjut dari transformasi proses bisnis BKI dari manual menjadi sebuah sistem aplikasi.

"Penerapan sistem ERP-SAP ini tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan usaha di BKI, namun juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan BKI kepada seluruh pemangku kepentingan," ujar Rudiyanto.

Implementasi ERP-SAP ini meliputi, modul financial, human capital management, materials management, sales and distribution dan business intelligent dengan skema bisnis managed services selama lima tahun.

(R017)


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017