Franceville, Gabon (ANTARA News) - Senegal lolos ke perempatfinal Piala Afrika setelah mengalahkan Zimbabwe 2-0 berkat dua gol yang diciptakan Sadio Mane dan Henri Saivet pada pertandingan Grup B, Kamis malam waktu setempat.

Senegal menjadi tim pertama yang lolos ke delapan ebsar setelah dua kali menang berturut-turut. Sebelumnya mereka mengalahkan Tunisia 2-0 Minggu pekan lalu. Kini mereka menjadi favorit juara turnamen ini.

Mane yang menjadi pemain paling mahal di Afrika setelah dibeli Liverpool senilai 43,15 juta dolar AS tahun lalu, menciptakan gol perdana Senegal pada menit kesembilan setelah timnya menyianyiakan tiga peluang gol. Sebuah tendang bebas melengkung yang mempesona dari Saivet empat menit kemudian telah memastikan Senegal menjadi juara grup.

Sebelumnya, Tunisia mengalahkan Aljazair 2-1 di Franceville. Tunisia tinggal mencari satu poin atau bermain seri untuk bisa lolos ke perempatfinal Piala Afrika.

Hanya Tunisia yang berpelung menyamai enam poin yang diperoleh Senegal, namun seandainya Senegal dikalahkan Aljazair pada partai terakhir grup, tetap Senegal yang juara grup karena unggul head-to-head dari Tunisia.

Teakhir kali Senegal mencapai fase gurup pada edisi 2006 namun setelah itu selalu terpental sejak babak grup dalam tiga turnamen yang diikutinya setelah itu.

Aljzair dan Zimbabwe masing-masing baru mengemas satu poin, namun masih berpeluang lolos ke perempatfinal jika menang dalam pertandingan terakhirnya, masing-masing melawan Senegal dan Tunisia. Jika itu terjadi, maka kedua tim akan ditentukan lolos melalui selisih gol.

Tunisia akan lolos ke perempatfinal jika paling tidak menahan seri Zimbabwe, sekalipun Aljazair menang dari Senegal. Ini karena antara Tunisia dan Aljzair, Tunisialah yang lebih unggul head-to-head, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017