Tana Toraja, Sulawesi Selatan (ANTARA News) - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menegaskan pemerintah memutuskan memperpanjang dan memperlebar Bandara Pongtiku di Tana Toraja pada tahun ini sembari mempersiapkan pembangunan bandara baru, Bandara Buntu Kuni, untuk mengembangkan pariwisata.

"Dalam waktu dekat bandara lama, Pongtiku akan kita perlebar dan perpanjang landasan sehingga bisa didarati pesawat jenis ATR," kata Kalla saat kunjungan kerja dua hari ke Tana Toraja, Minggu. Kalla didampingi Menteri Pariwisata, Arief Yahya, untuk pengembangan tujuan pariwisata.

"Sembari memperpanjang bandara lama maka dilakukan persiapan untuk pembangunan Bandara Buntu Kuni agar bisa didarati Boeing," kata Kalla yang juga berasal dari Sulawesi Selatan itu.

Dia menjelaskan, Tana Toraja memiliki alam yang menarik wisatawan dan wisatawan sekarang menginginkan bisa langsung sampai di tempat tujuan.

Sementara pembangunan Bandara Buntu Kuni masih terkendala dengan persoalan teknis seperti yang harus diselesaikan Kementerian Perhubungan. Dengan demikian dalam waktu dua atau tiga tahun sudah bisa dilakukan pembangunan bandara baru.

Bandara Pongtiku saat ini memiliki landas pacu selebar 23 meter dan akan diperlebar menjadi 30 meter.

Sementara Bupati Tana Toraja, Nicodemus, menjelaskan, "Kami tak memiliki masalah dengan destinasi wisata. Yang kami butuhkan hanya bandara. Dengan bandara maka akan masuk wisatawan dan sekaligus investor," kata dia.

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017