Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah V Jayapura memberi peringatan akan adanya badai atau cuaca buruk di wilayah perairan Papua dan Papua Barat hari ini (Senin,23/1).

Kepala Bidang Data dan Informasi pada Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura Darmawan, di Jayapura, Senin mengatakan peringatan badai atau cuaca buruk ini berupa gelombang maksimum dengan tinggi mencapai tiga sampai 3,5 meter.

"Gelombang tinggi yang mencapai 3,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Samudera Pasifik Utara, Papua Barat dengan keadaan cuaca hujan ringan berkecepatan 10-20 knots dari arah utara ke timur," katanya.

Menurut Darmawan, sedangkan gelombang tinggi mencapai tiga meter berpeluang terjadi di Perairan Laut Arafuru bagian timur dengan keadaan cuaca hujan sedang berkecepatan 10-30 knots dari arah barat daya ke barat laut.

"Sedangkan gelombang rendah yang hanya 0,25 meter sampai satu meter berpeluang terjadi di Teluk Cenderawasih dengan keadaan cuaca berawan berkecepatan 03-13 knots dari barat ke utara," ujarnya.

Dia menjelaskan selain Perairan Laut Arafuru yang berpeluang hujan sedang, Perairan Yos Sudarso dan Merauke juga diprediksi mengalami keadaan cuaca yang sama.

"Kecepatan angin di dua perairan tersebut antara 10-25 knots dengan angin yang bertiup dari arah barat daya ke barat laut dan tinggi gelombang mencapai 0,50 sampai dua meter," katanya lagi.

Dia menambahkan untuk hujan ringan berpeluang terjadi pula di Perairan Raja Ampat-Sorong, Fakfak-Kaimana dan Manokwari dengan kecepatan angin 05-15 knots.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017