18 tewas karena cuaca ekstrem Amerika Serikat bagian tenggara

18 tewas karena cuaca ekstrem Amerika Serikat bagian tenggara

Ilustrasi kerusakan perumahan setelah diterjang tornado. Foto menunjukkan petaka alam itu di Jerman. (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Washington (ANTARA News) - Tornado kuat menerjang beberapa negara bagian di bagian tenggara Amerika Serikat, Sabtu (21/1) dan Minggu, menewaskan sedikitnya 18 orang dan menimbulkan kerusakan material.

Negara Bagian Mississippi, Alabama, Florida dan Georgia termasuk di antara yang diterjang oleh cuaca ekstrem. Sebanyak 14 orang tewas di Georgia sedangkan empat orang kehilangan nyawa di Mississippi.

Gubernur Georgia, Nathan Deal, Minggu, mengumumkan kondisi darurat untuk tujuh kabupaten di Georgia Selatan.

Catherine Howden, juru bicara bagi Lembaga Penanganan Kondisi Darurat di negara bagian itu, mengatakan anjing penyelamat dikerahkan kewilayah tersebut untuk mencari penyintas.

Dinas Cuaca Nasional AS pada Ahad mengeluarkan peringatan dan mengatakan, "Badai topan kuat dan tornado diperkirakan menerjang hari ini di seluruh Florida Utara dan Georgia Selatan.

Lembaga Cuaca Nasional tersebut memperingatkan fenomena alam itu diperkirakan memperoleh kekuatan pada Ahad malam waktu setempat dan berakhir menjadi topan paling kuat dalam setidaknya tujuh tahun. California telah direndam air selama musim dingin basah yang telah mendatangkan hujan dan salju setelah bertahun-tahun kemarau.

Topan yang paling kuat dan ketiga dari serangkaian fenomena alam menerjang Southern California pada Ahad, mendatangkan curah hujan dengan intensitas hampir empat inci di sebelah selatan Los Angeles, membuat jalan bebas hambatan terendam air dan mencuatkan keprihatinan mengenai lumpur longsor yang memporak-porandakan.

Masyarakat diperkirakan harus mengemudi melewati jalan yang tergenang air pada Senin waktu setempat di beberapa daerah, dan hujan diperkirakan agak reda tapi tidak berhenti sampai Selasa.

Peringatan banjir bandang dikeluarkan untuk banyak daerah Los Angeles dan di seluruh Southern California, tempat banyak jalan ditutup pada Ahad atau terhalang oleh pohon tumbang.

Petugas pemadam di San Bernardino County secara dramatis menyelamat dua orang yang truk bak terbuka mereka terjebang air yang naik dengan cepat di sebelah barat Cajon Pass. 

Tayangan televisi memperlihatkan awak pertolongan mengirim rakit, yang ditambatkan ke truk pemadam, dan menerobos air berwarna coklat yang bergemuruhh sehingga pasangan yang terjebak tersebut dapat naik ke rakit, satu per satu, dari jendela mobil mereka.

Air banjir yang bergerak dengan cepat melalui permukiman di gunung California dan warga menyelamatkan diri dari rumah mereka di bawah bukit. Petugas prakiraan cuaca mengatakan beberapa tempat di gunung dapat menghadapi curah hujan sebanyak enam inci. Hujan turun dengan angka hampir tiga-perempat inci per jam. 

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Cuaca buruk kerap hambat pendistribusian gas elpiji

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar