Melbourne (Antara) – Berbagai cara dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Australia untuk memasarkan kekayaan alam, budaya dan keindahan panorama Indonesia. Kali ini KBRI Australia menggunakan jurus festival pantai yang diberi tajuk "Wonderful Indonesia Beach Fest 2017" yang digelar pada 21-22 Januari 2017 lalu untuk memasarkan Tanah Air.

“Kegiatan Wonderful Indonesia Beach Fest 2017 berhasil mempersembahkan kekayaan Indonesia, mulai dari tarian, musik, kuliner, dan produk-produk asal Indonesia. Respons pengunjung sangat positif, tidak hanya dari diaspora Indonesia, tetapi juga dari warga lokal dan turis yang datang ke pantai St. Kilda,” kata Atase Perdagangan Indonesia di Canberra, Nurimansyah di Pantai St. Kilda, Melbourne.

Atase Perdagangan Indonesia di Canberra juga Menggandeng dua diaspora Indonesia, yang merupakan importir produk Indonesia berbasis di Melbourne, untuk menampilkan produk-produk yang dibuat oleh para pengusaha serta perajin di tingkat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia, di antaranya dari Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur dan Produk Indonesia Design Development Center (IDDC), yang berada di bawah payung Kementerian Perdagangan.

Selain produk hasil pengembangan IDDC, ditampilkan juga produk kopi Tanamera khas Indonesia. Kopi Tanamera meraih juara pertama dalam ajang The Australian International Coffee Awards (AICA) selama dua tahun berturut-turut. AICA merupakan kompetisi bergengsi yang dilaksanakan pada pameran tahunan Melbourne International Coffee Expo (MICE), yaitu ajang promosi industri kopi terbesar di Australia.

“Semakin dikenalnya kekayaan Indonesia dan ditingkatkannya citra positif Indonesia dapat berkontribusi terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya dari Australia. Hal ini dapat mendorong peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan negara tetangga ini,” kata Nurimansyah.

Nurimansyah juga menekankan daya tarik Indonesia sebagai negara yang semakin mudah untuk melakukan bisnis. Indonesia adalah salah satu dari Top 10 Improvers dalam peringkat Ease of Doing Business, naik dari peringkat 109 pada 2015 ke peringkat 91 pada 2016.

Wonderful Indonesia Beach Fest 2017 yang dibuka Dubes RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema, diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan didukung oleh KBRI Canberra, KJRI Melbourne, serta Indonesian Trade and Promotion Center (ITPC) Sydney. Festival ini berbarengan dengan ajang Australian Open 2017.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017