Yogyakarta (ANTARA News) - BPJS Ketenagakerjaan dan Universitas Gadjah Mada menandatangani kerja sama penyelenggaraan Program Pascasarjana Strata Dua (S2) Double Degree UGM-University of Melbourne, untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia badan tersebut.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Umum & SDM BPJS Ketenagakerjaan, Naufal Mahfudz, bersama dengan perwakilan dari FISIP UGM, Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si yang bertempat di Gedung FISIP UGM, Yogyakarta, Jumat.

Program Pascasarjana Strata Dua (S2) Double Degree UGM-University of Melbourne memberi gelar Master of Arts in Sociology (UGM) dan Master of Social Policy (University of Melbourne-Australia) dengan konsentrasi jaminan sosial.

Kerja sama yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dalam hal pendidikan untuk meningkatkan kompetensi SDM yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan dalam bidang jaminan sosial.

"Seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang mengikuti program double degree ini harus melewati proses seleksi internal dan ujian masuk yang dilaksanakan oleh UGM. Hal ini merupakan sikap profesionalisme kami dalam menjaga kualitas SDM yang kami miliki," ujar Naufal.

Jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia merupakan salah satu unsur vital dalam pembangunan negara. Kehadiran BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja menjadi poin penting untuk memastikan pekerja mencapai kesejahteraan dan kemandirian.

Menurut Naufal, pengetahuan dan pendidikan mengenai jaminan sosial sangat penting guna memajukan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia.

Program beasiswa ini diharapkan dapat membawa perubahan yang besar dalam perkembangan jaminan sosial ketenagakerjaan di Tanah Air.

Selain kegiatan penandatanganan kerja sama, juga diselenggarakan kegiatan seminar tentang "Labour Issues and Social Policy in Indonesia and Australia : A Comparative Perspective".

Pembicara yang hadir yakni Prof. Dr. Tadjuddin Noer Effendi dari UGM dan Prof. John Murphy dan Prof. Mark Considine dari University of Melbourne.

"Dengan melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan yang fokus tentang jaminan sosial, perlindungan BPJSTK kepada masyarakat pekerja akan lebih optimal yang nantinya juga akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaannya di lapangan," demikian ujar Naufal.

Pewarta: Erafzon SAS
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017