Jakarta (ANTARA News) - Roger Federer menjuarai untuk kelima kalinya turnamen Grand Slam Australia Terbuka, setelah menang lima set atas Rafel Nadal pada putaran final yang dilangsungkan di Rod Laver Arena, Melbourne, Australia, Minggu.

Menurut laman resmi Australia terbuka, selain menyabet gelar kelima-nya di negeri kanguru, kemenangan petenis Swiss tersebut atas Nadal 6-4, 3-6, 6-1, 3-6, 6-3, merupakan gelar ke-18 sepanjang karirnya.

Dari pertemuan terakhir kedua petenis tersebut, Federer memperlebar selisih perolehan gelar atas Nadal di turnamen utama, dengan selisih empat gelar.

Ini merupakan gelar juara Melbourne Park-nya sejak 2010 dan gelar tunggal utamanya sejak Wimbledon 2012.

Petenis Swiss itu akan naik ke peringkat 10 dunia dengan hasil tersebut, serta meraih kemenangan pertamanya atas Nadal dalam empat pertemuan Australia Terbuka terakhirnya, dan memenangkan final turnamen utama ketiga-nya atas petenis Spanyol dalam sembilan kali percobaan.

Kemenangan Federer tersebut, bagi Nadal merupakan kekalahan keenam beruntunnya di ajang Grand Slam.

Sebelum partai Minggu malam, kemenangan besar terakhir Federer atas rival kuatnya tersebut terjadi di final Wimbledon tahun 2007.

Federer juga telah menjadi orang pertama dalam sejarah yang memenangkan lima atau lebih gelar di tiga ajang Grand Slam yang berbeda.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017