Jakarta (ANTARA News) - Cita rasa masakan Indonesia jadi inspirasi untuk menu baru restoran Vietnam NamNam Noodle Bar. Nasi, pedas dan goreng-gorengan jadi benang merah dari hidangan baru tahun ini.

"Makanan di Indonesia punya cita rasa lebih gurih dari Vietnam dan hampir selalu diwarnai dengan sambal," kata Chef Nam, pemilik NamNam Noodle Bar.

Agar bisa diterima selera pencinta kuliner dari Tanah Air, chef Nam menciptakan makanan khas Vietnam dengan sentuhan cita rasa Indonesia.

"Kami juga membuat sambal sendiri yang menjadikan nasi terasa lebih enak. Indonesia juga suka goreng-gorengan jadi kami menyediakan banyak jenis lauk goreng," ujar koki asal Vietnam ini.


Jajanan pinggir jalan cireng diboyong untuk meramaikan daftar hidangan pembuka. Camilan kenyal ini disajikan dengan sambal pedas yang mirip dengan sambal pada pecel lele.

Chef Nam memuji nasi Indonesia yang disebut lebih enak dari nasi Vietnam. Hal itu mendorongnya meracik "broken rice" (nasi dari beras hancur yang jadi ciri khas Vietnam) dengan paduan rempah Indonesia dan Vietnam. 


Hasilnya, nasi gurih dengan aroma menggoda, penampakannya mirip dengan nasi uduk atau liwet. Semua menu nasi dilengkapi dengan sambal penyet dan ragam lauk seperti bebek, ayam, daging sapi dan ikan.

"Semua sambal buatan sendiri, nasinya mirip nasi lemak tapi lebih dinamis dan rasanya sangat Indonesia," tutur chef Nam.


Ada pula makanan khas Vietnam "The Shaking Beef in Pepper Hoisin Sauce" alias "bo lu lac". Nama hidangan ini diambil dari cara memasak daging dengan menggoyangkan kuali dengan api besar dalam waktu singkat. Makanan ini disajikan dengan hotplate dengan kentang goreng yang merupakan pengaruh budaya kolonial Prancis.

Pencinta seafood juga bisa menikmati mi yang disajikan dengan udang windu besar.

Anda juga bisa menyantap Banh Mi, rote baguette isi yang merupakan pengaruh budaya kolonial Prancis yang rasanya disesuaikan dengan selera Indonesia.


Semua roti isi ini dengan pilihan daging bebek, sapi atau ayam ini disajikan dengan acar tradisional Vietnam, daun rempah, telur goreng dan sambal penyet. Rasa renyah dari roti, gurihnya daging, potongan sayuran segar dan pedasnya sambal berpadu dalam roti isi ini.


Untuk makanan penutup, Anda bisa menghangatkan tenggorokan dengan tiga mochi isi kacang dalam air jahe manis hangat yang rasanya mirip wedang. 

Ada juga es serut berisi potongan-potongan buah segar juga tiga netted rolls renyah berisi nangka, ubi dan singkong yang bisa dicocol ke dalam saus kelapa.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017