Banda Aceh (ANTARA News) - Belasan kios di seputaran Lapangan SMEP, Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh terbakar.

Informasi yang dihimpun ANTARA, Jumat, kebakaran menghanguskan 12 kios tersebut terjadi jadi Jumat (3/2) sekitar pukul 00.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa maupun pengungsi akibat kebakaran itu. Dugaan sementara, kebakaran dipicu arus pendek listrik. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Kios yang terbakar tersebut di antaranya ditempati pedagang buah, penjual majalah dan surat kabar, serta toko alat tulis kantor.

Kios terbakar tersebut sebagian besarnya permanen, sehingga api tidak begitu cepat merambat ke kios-kios lainnya di tempat itu.

Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian setelah Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh menurunkan delapan mobil pemadam kebakaran dan satu mobil tangki air.

Amatan di lokasi kebakaran, kios yang terbakar tersebut sudah dipasangi pita garis polisi. Selain itu, sejumlah pedagang yang menempat kios tersebut mengais barang yang masih bisa digunakan.

Lokasi kebakaran tersebut sempat menarik warga yang lalu lalang di seputaran Lapangan SMEP tersebut. Di antara mereka ada yang merekamnya dengan telepon genggam.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin melalui Kapolsek Kuta Alam AKP Syukrif masih menyelidiki sumber api yang menyebabkan belasan kios tersebut terbakar.

"Kami masih menyelidikinya penyebab kebakaran. Dan lokasi kebakaran sudah dipasang garis polisi. Kios tersebut ditempati 12 pedagang," kata AKP Syukrif menyebutkan.

Adapun pedagang yang kiosnya terbakar yakni Salman, Sugani (dua unit), Adi Kuala, Abdul Malek, Dedi Wisata (kios buah), Dedi Wisata (kios kelontong.

Kemudian, Khairil Anwar dua unit menjual pulsa, Dedi Durazi (loket PLN), Fawa, Fadli (penjual surat kabar).

Pewarta: M Haris SA
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017