Pekalongan (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah siap menerapkan sistem dalam jaringan (daring) di tempat pelelangan ikan sehingga pembongkaran komoditas itu segera dapat dilakukan di kapal ketika sudah terjadi kesepakatan antara nelayan dan bakul.

"Keuntungan menggunakan lelang secara daring, antara lain mempercepat bongkar muat ikan di kapal," kata Kepala TPI Kota Pekalongan Sugiyo di Pekalongan, Sabtu.

Menurut dia, selama ini, hasil tangkapan ikan nelayan di kapal perlu menunggu waktu cukup lama untuk dibongkar karena harus masih menunggu proses lelang yang dilaksanakan di TPI.

Namun dengan lelang online ini, kata dia, ketika sudah terjadi kesepakatan harga antara pihak nelayan dan bakul maka ikan yang di kapal bisa langsung dibongkar.

Ia mengatakan dengan sistem ini maka harus ada pemesanan lebih dahulu sehingga ketika disepakati terjual maka pembongkaran langsung dilakukan.

"Harga kesepakatan lelang tersebut sudah termasuk ongkos kirim sehingga sewaktu-waktu bisa dilakukan," katanya.

Ia mengatakan keuntungan dengan sistem online ini maka tidak bakal ada sistem utang karena pelaksanaannya menggunakan sistem tunai.

"Hal inilah yang diharapkan para nelayan karena kalau sudah dibayar tunai maka biaya tersebut bisa dipergunakan kembali untuk menangkap ikan," katanya.

Ia menambahkan sistem daring ini juga bisa mempermudah transaksi karena sebelumnya sudah ada informasi mengenai pelaksanaan lelang.

Pewarta: Kutnadi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017