Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam kunjungan kerjanya ke Cape Town, Afrika Selatan mempromosikan potensi ekonomi Indonesia kepada para pengusaha Afrika Selatan.

Hal itu dilakukan Menlu Retno saat memberikan sambutan di Forum Bisnis Indonesia-Afrika Selatan, seperti disampaikan pada laman resmi Twitter Kementerian Luar Negeri yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa.

Pada kesempatan itu, Menlu Retno menyampaikan kepada para pengusaha Afrika Selatan mengenai reformasi ekonomi yang sedang dilakukan Pemerintah Indonesia.

Untuk itu, Menlu Retno mengundang pengusaha Afrika Selatan untuk datang, berdagang dan berinvestasi di Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Afrika Direktorat Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri RI Daniel Tumpal Simanjuntak mengatakan bahwa pemerintah Indonesia pada 2017 akan memprioritaskan kerja sama dengan negara-negara di kawasan Afrika.

"Afrika akan jadi prioritas Indonesia pada 2017. Kita akan meningkatkan hubungan kita dengan Afrika," kata Daniel.

Dalam rangka meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Afrika, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi berkunjung ke CapeTown, Afrika Selatan pada 6-7 Februari dan bertemu dengan menteri luar negeri dan presiden Afrika Selatan. Menlu Retno juga melanjutkan kunjungan bilateral ke Mozambik pada 7-8 Februari.

"Kunjungan bilateral Menlu Retno yang pertama 2017 fokus ke Afrika mengingat bahwa tahun ini akan meningkatkan hubungan dengan Afrika di luar hubungan sejarah," ujar Daniel.

Dia menyebutkan bahwa ada berbagai peluang terbuka untuk kerja sama ekonomi antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

Menlu Retno berkunjung ke Afrika Selatan dengan membawa perwakilan dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia serta perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017