Jakarta (ANTARA News) - Tim Olahraga Musim Dingin Indonesia telah menyempurnakan formasi akhir sebagai persiapan jelang keikutsertaan dalam Kejuaraan Asian Winter Games 2017 di Sapporo Jepang pada 19-26 Februari.

"Kami dari cabang hoki es telah mengikut beberapa pelatihan nasional dan seleksi tim. Atlet cabang track skating bahkan uji tanding di Singapura dan meraih medali emas," ujar Koordinator Tim Indonesia dalam Asian Winter Games 2017, Jonathan Sudharta, ketika dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Tim hoki es Indonesia, lanjut dia, telah latih tanding di Jakarta guna menyusun formasi tim terbaik sejak akhir 2016. Formasi tim itu merupakan gabungan dari pemain-pemain dari berbagai klub hoki es di Indonesia.

"Kami akan berangkat ke Sapporo pada Minggu (12/2) dan kami akan mengikuti acara pelepasan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Kamis (9/2)," katanya.

Jonatan mengatakan tim Merah-Putih tidak menetapkan target dalam Asian Winter Games 2017 karena kejuaraan itu merupakan kejuaraan musim dingin pertama yang diikuti tim Indonesia.

"Kami bagaikan mengarungi lautan bebas karena tim-tim dari negara-negara yang mampunyai musim dingin seperti Korea, China, dan Jepang sudah mempunyai atlet-atlet kualitas olimpiade," katanya.

Meskipun tidak menetapkan target, tim Tanah Air masih mempunyai optimisme ketika menghadapi tim-tim musim dingin dari negara-negara ASEAN.

"Kami lebih mudah menebak hasil pertandingan jika menghadapi tim-tim dari Malaysia, Singapura, Thailand, maupun Filipina. Kami punya tingkatan permainan yang hampir sama karena dalam beberapa pertandingan pernah meraih hasil menang, kalah, dan seri," ujarnya.

Asian Winter Games ke-8 itu akan berlangsung pada 19-26 Februari yang terbagi dalam lima cabang olahraga, 11 nomor cabang, dan 64 pertandingan baik di Sapporo maupun di Obihiro, prefektur Hokkaido, Jepang. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017