...bangga dengan semboyan kalian, Karmanye Vadikarashte Mavalesu Kadatcana...
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meminta agar kebanggaan dan kehormatan sebagai Korps Pasukan Khas TNI AU terus dijaga dan dipertahankan.

"Sebagai prajurit komando, Pasukan Khas TNI AU harus menjaga profesionalitasnya dengan terus mengisi diri dengan ilmu pengetahuan, berlatih dan bersosialisasi dengan masyarakat," kata Tjahjanto, saat inspeksi mendadak ke Markas Wing I Korps Pasukan Khas TNI AU, di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu.

"Terus tanamkan jiwa korsa, terus jaga korps dengan tidak melakukan perbuatan tercela di masyarakat, terus dukung pemerintah, tidak terlibat narkoba, tidak menjadi debt colector, tidak arogan di masyarakat. Karena kalian semua adalah tentara rakyat, kalian adalah rakyat yang saat ini sedang ditugaskan negara untuk menjadi prajurit profesional," katanya.

Ikut hadir pada kesempatan ini, Komandan Korps Pasukan Khas TNI AU, Marsekal Pertama TNI Seto Purnomo, Koordinator Staf Ahli Kepala Staf TNI AU, Marsekal Muda TNI Usra Harahap, dan para asisten kepala staf TNI AU.

Di hadapan ratusan prajurit Korps Pasukan Khas TNI AU, Tjahjanto mengingatkan dalam sejarah TNI, Kors Pasukan Khas TNI AU telah dua kali menorehkan tinta emas, yaitu melaksanakan operasi lintas udara pertama pada 1947 di Kalimantan Tengah, dan pertama kali mengibarkan bendera Merah Putih di bumi Irian pada 1962.

Dua sejarah itu, lanjut dia, sebagai kebanggaan Korps Pasukan Khas TNI AU yang harus dijaga dan dipertahankan prajurit Korps Pasukan Khas TNI AU sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

Dalam kiprah-kiprah berikutnya Korps Pasukan Khas TNI AU juga telah menunjukkan perannya di berbagai medan operasi yang membanggakan.

"Saya ingin menyampaikan rasa bangga dan kekaguman saya kepada kalian semua sebagai pasukan komando Korps Pasukan Khas TNI AU yang terlatih. Saya bangga dengan semboyan kalian, Karmanye Vadikarashte Mavalesu Kadatcana, yang berarti melaksanakan tugas tanpa menghitung untung rugi dan saya minta semua itu dicamkan oleh kalian prajurit komando," kata dia.

Tjahjanto berharap, ke depan prajurit Korps Pasukan Khas TNI AU tetap menjadi prajurit yang dicintai rakyat dengan selalu memegang teguh Sumpah Prajurit, Sapta Marga, dan Delapan Wajib TNI.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017