Beijing (ANTARA News) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia masih harus meningkatkan promosi pariwisatanya ke Tiongkok untuk mencapai target 20 juta wistawan mancanegara pada 2019.

"Setiap tahun jumlah turis Tiongkok ke mancanegara rata-rata 100 juta orang. Namun, hanya sekitar 1 persen yang ke Indonesia. Padahal, promosi sudah kerap dilakukan," katanya dalam pengarahannya kepada seluruh kepala perwakilan RI di Tiongkok di Beijing, Kamis (9/2) malam.

Ia menuturkan bahwa saat ini Tiongkok tengah mengalami over investment di dalam negeri yang dapat dijadikan peluang oleh Indonesia.

"Indonesia harus dapat menarik banyak investasi dari Tiongkok. Misalnya, untuk infrastruktur, pengembangan manufaktur, dan menarik turis dari Negeri Panda tersebut," tutur Bambang.

Ia mengemukakan bahwa turis mancanegara yang paling banyak ke Indonesia berasal dari Malaysia dan Singapura, disusul Jepang dan Tiongkok, Korea Selatan, India, dan Australia.

"Jika kita petakan, untuk negara ASEAN seperti Malaysia dan Singapura, kita relatif tidak perlu lagi promosi karena mereka sudah lebih mengenal Indonesia, jarak pun dekat," katanya.

Dalam rapat terbatas mengenai "branding Indonesia", khusus pariwisata, beberapa waktu lalu, kata Bambang, diketahui bahwa selain dari sisi jumlah, minat turis Tiongkok berwisata di Indonesia masih rendah. Banyak faktor yang memengaruhi hal itu, di antaranya adalah kurangnya promosi.

Selain itu, tingkat pengeluaran turis Tiongkok di Indonesia juga tergolong kecil, dibandingkan ketika mereka melancong ke Eropa seperti Paris.

"Ini tantangan bagi perwakilan RI di Tiongkok untuk berupaya lebih meningkatkan turis Tiongkok ke Indonesia," katanya.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Tiongkok dan Mongolia Soegeng Rajardjo mengatakan promosi Indonesia dapat dilakukan secara simultan, yakni di dalam negeri dan luar negeri, antara lain, melalui perwakilan RI seperti Kedutaan Besar RI dan Konsulat Jenderal RI.

"Perilaku kita di dalam negeri, juga salah satu bentuk sederhana dari promosi kepada turis yang tengah berlibur di Indonesia. Buatlah Indonesia aman dan nyaman bagi turis yang datang," katanya.

Dubes Soegeng menambahkan bahwa branding nation untuk pariwisata Indonesia, tidak perlu muluk-muluk, tetapi mudah diingat dan dipegang teguh oleh semua pemangku kepentingan di dalam negeri sehingga menarik minat investor dan turis datang ke Indonesia.

Rapat Koordinasi Perwakilan RI di Tiongkok berlangsung dua hari dihadiri Konsulat Jenderal RI di Shanghai, Guangzhou, Hong Kong, perwakilan Bank Indonesia di Tokyo, seluruh perwakilan bank BUMN dan maskapai Garuda Indonesia.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017