Bangkok (ANTARA News) - Pemerintah Thailand mencoba untuk membersihkan sampah sepanjang satu kilometer di laut, yang disebut sebagai tumpukan sampah mengapung terbesar di perairan kerajaan itu.

Sampah-sampah tersebut diperkirakan beratnya sekitar 300 ton, kata Sopon Thongdee, wakil direktur Departemen Kelautan dan Sumber Daya Pesisir Thailand.

"Seumur hidup saya bekerja, saya belum pernah melihat jumlah sampah sebesar ini," katanya kepada AFP, sambil menambahkan bahwa sampah tersebut pertama kali terlihat di lepas pantai provinsi Chumpon selatan dan sejak itu mengapung-apung ke utara.

Pihak berwenang yakin bahwa sebagian besar detritus terbawa ke laut akibat banjir yang melanda selatan Thailand pada Januari.

Empat kapal telah dikerahkan untuk mengambil sampah tersebut -- tugas yang menjadi lebih sulit karena sampah tersebut pecah menjadi potongan-potongan lebih kecil pada Jumat, kata Sopon.

Thailand adalah salah satu negara dengan penggunaan kantong plastik dan menjadi kontributor utama limbah di laut, demikian AFP.  (hs)  

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017