Purwokerto (ANTARA News) - Perbaikan jalan nasional di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, khususnya ruas Ajibarang hingga batas Kabupaten Brebes yang rusak parah tertunda, kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

"Berdasarkan informasi dari Pak Gubernur (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, red.), tender gagal sampai dua kali. Kemarin Desember gagal, Januari gagal, sekarang sedang lelang yang ketiga kali," katanya kepada wartawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Ia mengaku belum tahu pasti kapan perbaikan jalan nasional khususnya ruas Ajibarang hingga batas Kabupaten Brebes yang rusak parah.

Menurut dia, pihaknya tidak bisa berbuat banyak terhadap kerusakan jalan nasional karena bukan kewenangan pemerintah daerah.

"Kalau jalan kabupaten enggak ada masalah. Kalau di Banyumas ada jalan bodol (rusak, red.) langsung saya tangani," katanya.

Selain ruas jalan Pejagan-Prupuk-Wangon yang merupakan penghubung jalur pantura dan jalur selatan Jateng, rekonstruksi juga akan dilaksanakan pada ruas jalan nasional Wangon-batas Yogyakarta yang berada di jalur selatan Jateng.

Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Wangon-Batas Yogyakarta Farman Ali memperkirakan rekonstruksi jalur selatan Jateng akan dimulai pada pertengahan tahun 2017 karena saat sekarang masih tahap lelang.

"Masih menunggu lelang, semoga dapat segera dilaksanakan pertengahan tahun ini. Kami sudah memasang spanduk sosialisasi rencana rekonstruksi itu di beberapa lokasi," katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Rabu (8/2).

Selama menunggu pelaksanaan rekonstruksi, kata dia, pihaknya saat sekarang sedang melakukan penambalan terhadap jalan berlubang di sepanjang jalur selatan Jateng. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017