Ratusan hektare hutan bakau Bangka Tengah tempat budi daya kepiting

Ratusan hektare hutan bakau Bangka Tengah tempat budi daya kepiting

Dokumentasi wisatawan memotret keindahan hutan bakau dari atas perahu du Wonorejo Surabaya, Jawa Timur, Minggu (10/4). Keberadaan dan kelestarian hutan bakau menentukan kualitas kehidupan manusia di bentang alam. Alih fungsi secara serampangan dan penebangan liar pohon-pohon hutan bakau membahayakan kehidupan manusia. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Koba, Bangka Belitung (ANTARA News) - Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Zaidi, mengatakan, hutan bakau di Desa Kurau Barat tidak hanya memiliki potensi wisata tetapi juga cocok dijadikan tempat budi daya kepiting dan udang.

"Hutan bakau seluas 213 Hektare itu akan dijadikan kawasan destinasi wisata baru, juga cocok dikembangkan tempat budi daya kepiting dan udang sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung," ujarnya di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, pengembangan atau pembudidayaan kepiting dan udang bukan ranah kerjanya namun potensi itu sangat bagus dikembangkan untuk menambah daya tarik objek wisata hutan bakau itu.

Da mencontohkan, di Pulau Ketawai tidak hanya mengandalkan pulaunya yang indah tetapi juga lautnya cocok menjadi tempat menyelam dan budi daya tukik. Belum lagi berjenis-jenis burung yang berhabitat di hutan bakau itu. 

"Hutan bakau itu masih asri, aneka ragam spesies burung masih menjadikan hutan itu sebagai habitatnya dan tentu ini terus dijaga karena memiliki daya tarik tersendiri," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Mengunjungi kawasan wisata Mangrove terluas di Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar