Jambi (ANTARA News) - Jalan nasional di Muarojambi dan Tanjungjabung Timur, Jambi, rusak parah sehingga menyulitkan pengguna jalan saat melintasi jalan tersebut.

Gubernur Jambi Zumi Zola saat memantau jalan tersebut, Senin, mengatakan jalan nasional yang rusak mulai dari Jembatan Aurduri II Kabupaten Muarojambi hingga Muarasabak, Kabupaten Tanjungjabung Timur.

"Tahun ini jalan nasional ini dibangun dengan dana sebesar Rp76 miliar mulai dari Jembatan Aurduri II hingga Muarasabak," kata Zola di lokasi.

Pembangunan jalan tersebut, kata Zola, dilakukan dengan dua cara karena kondisi tanah di sepanjang jalan itu ada yang lembut dan padat.

"Yang spot tanahnya tidak padat itu dilakukan pembangunan dengan rigid beton, sedangkan untuk spot tanahnya padat hanya ditebalkan saja aspalnya. Ini mengingat biaya perbaikannya besar," katanya.

Pembangunan jalan nasional ini katanya juga dilakukan secara bertahap, artinya setelah tahun ini tahun depan juga dilakukan perbaikan seiring pembangunan pelabuhan Muarasabak yang diyakini mampu meningkatkan perekonomian Jambi.

Selain memantau jalan nasional, Zola yang didampingi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi Dodi Irawan dan Bupati Tanjungjabung Timur Romi Hariyanto, juga memantau hasil pembangunan jalan dan jembatan yang dibangun pemerintah provinsi.

Zola juga mengecek langsung kualitas jalan dan jembatan yang dibangun tersebut. Seperti jembatan Alang-alang, jembatan Lambur I dan jalan di Desa Siau, Kabupaten Tanjungjabung Timur.

"Tahun ini ada lagi jalan dan jembatan di Tanjungjabung Timur ini kita bangun, termasuk box culvert. Karena jalan dari Alang-alang ini satu-satunya akses sampai ke Kecamatan Nipah Panjang," katanya menambahkan.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017