Sidoarjo (ANTARA News) - Puluhan rumah yang ada di Desa Terung Kulon, Sidoarjo, Jawa Timur, mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi di wilayah setempat pada Rabu petang.

Seorang warga Murdianto, Rabu mengatakan, puluhan rumah yang mengalami kerusakan itu berada di tiga Dusun, meliputi Dusun Kasak, Dusun Kembang Sore, Dusun Terung Kulon, Desa Terung Kulon, Kecamatan Krian, Sidoarjo.

"Angin puting beliung tersebut, terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Waktu kejadian, angin tersebut berhembus dari arah barat ke timur. Kejadiannya sebelum hujan, lalu muncul angin begitu kencang dari arah barat," katanya.

Waktu terdengar gemuruh angin, kata dia, masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri terkait dengan peristiwa ini.

"Warga bergegas untuk menyelamatkan diri supaya tidak tertimpa bangunan yang rusak diterjang angin puting beliung tersebut," katanya.

Kepala Desa Terung Kulon, Joko S mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan terkait dengan peristiwa ini serta melakukan beberapa upaya awal terkait dengan kejadian ini.

"Tak hanya rumah, pohon-pohon yang berada di pinggir jalan pun tak lepas dari terjangan angin puting beliung. Sehingga hal itu berdampak pada kerusakan rumah warga," katanya.

Ia menambahkan, ada warganya yang mengalami luka akibat tertimpa atap rumah yang roboh menyusul terjadinya peristiwa ini.

"Yang mengalami luka, yaitu Mad Sidi dan Fatimah dan saat ini, sudah dirujuk ke RSUD Sidoarjo untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017