Makassar (ANTARA News) - Pelatih kepala PSM Makassar Robert Rene Alberts  membungkam para pengkritiknya dengan mengalahkan Persiba Balikpapan 3-1 pada laga terakhir babak penyisihan Grup 3 Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Robert Rene Alberts menyatakan turnamen pramusim itu bukan tentang memenangkan pertandingan namun bagaimana membentuk dan menyolidkan komposisi tim sebelum tampil pada ajang sesungguhnya.

"Baru dua minggu latihan sudah dipaksa bertanding. Setelah kalah justru langsung dikritik. Laga pramusim itu bukan semata tentang memenangkan pertadingan," kata Robert.

Ia menjelaskan, sudah saatnya mendidik dengan benar seluruh pemangku kepentingan, khususnya pihak yang hanya bisa mengkritik dan tidak mau mengerti, bahwa tidak semua pertandingan pramusim harus dimenangkan karena tujuan utama tim adalah soliditas.

Menghadapi Piala Presiden 2017, pelatih asal Belanda itu memang tidak fokus memenangkan pertandingan yang dia buktikan dengan tidak melibatkan seluruh pemain besar dalam setiap laga.

Pada dua laga penyisihan Grup 3 Piala Presiden 2017, dia memutuskan membagi skuad dalam dua tim berbeda.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017