Madiun (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjerat Wali Kota Madiun Bambang Irianto (BI) sebagai tersangka dalam tiga perkara tindak pidana korupsi.

"Ada tiga perkara penyidikan terkait kasus korupsi yang menjerat Wali Kota Madiun Bambang Irianto," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi melalui telepon, Sabtu.

Menurut dia, ketiga kasus penyidikan tersebut adalah indikasi korupsi terkait proyek pembangunan Pasar Besar Kota Madiun tahun 2009-2012.

Kasus kedua adalah indikasi penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugas BI selaku Wali Kota Madiun selama periode menjabat.

"Sedangkan kasus yang ketiga adalah indikasi tindak pidana pencucian uang. Ini merupakan penyidikan terbaru untuk BI dan hal itu adalah pengembangan dari hasil dua penyidikan perkara sebelumnya," kata dia.

Untuk kasus yang ketiga, lanjut Febri, KPK telah menemukan ada indikasi perbuatan menempatkan, menransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain atas harta kekayaan yang diketahui atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana korupsi dengan tujuan menyamarkan asal usul, sumber, lokasi, peruntukkan, pengalihan hak-hak, atau kepemilikan yang sebenarnya atas harta kekayaan yang diketahui atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana korupsi.

"Ia disangkakan melanggar pasal 3 dan/atau pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang," kata Febri Diansyah.

Meski dijerat dalam tiga perkara sekaligus, KPK akan mempertimbangkan aspek efisiensi dan efektivitas penanganan perkara untuk menggabungkan menjadi satu dakwaan.

"Kepastian teknisnya terkait hal itu, akan kami sampaikan pada kesempatan berikutnya," ungkap Febri lanjut.

Disinggung ada kemungkinan tersangka lain dari lingkup pejabat Kota Madiun ataupun dari unsur lain, Febri mengaku belum tahu.

"Kami masih fokus pada penanganan tiga perkara untuk tersangka Bambang Irianto. Soal tersangka lain, nanti," katanya.

KPK telah menetapkan BI sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Pasar Besar Kota Madiun tahun 2009-2012. Atas kasus itu, KPK telah menahan yang bersangkutan sejak Oktober tahun 2016. Dan kini penahanan BI telah diperpanjang guna proses hukum atas tiga perkara yang disangkakan KPK. 

Pewarta: Louis Rika
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017