London (ANTARA News) - Musisi asal Aceh, Rafly Kande, dan pesinetron Peggy Melati Sukma melakukan duet dalam konser amal guna menggalang dana bagi korban bencana gempa di Aceh yang merupakan kerjasama masyarakat Serambi Mekah di Qatar (Masmeqar), KBRI Doha dan Persatuan masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) di Kota AlKhor sekitar 60 km dari kota Doha.

Kegiatan ini juga memperoleh sponsor dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) beserta Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya yang mengalami bencana gempa pada 7 Desember 2016 lalu, demikian Minister CounsellorKBRI Doha, B. Dharmawan kepada Antara London, Minggu.

Dubes RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi menyambut baik konser amal hasil kolaborasi Masmeqar, KBRI Doha dan Permiqa yang bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Pijay dan mengapresiasi kegiatan penggalangan dana untuk bencana yang dirangkai dengan promosi seni budaya Indonesia.

Antusiasme komunitas diaspora Indonesia di Qatar menyaksikan penampilan Rafly dan Peggy begitu tinggi terliat dengan jumlah penonton hadir yang memadati gedung pertunjukan di AlK Community di AlKhor.

Tim Kesenian Rafly mengawali dengan lagu berjudul Anak Yatim dengan nada musik etnik kontemporer, yang menceritakan tentang banyaknya anak yatim piatu di Aceh akibat bencana gempa. Dilanjutkan dengan lagu Puleh. Nada lagu yang khas dengan suara yang menghentak menghibur masyarakat. "Ini pertama kali saya ke Qatar untuk menyambung silaturrahmi dengan WNI khususnya masyarakat serambi Mekkah di Qatar," ujar Rafli.

Sementara Peggy membawakan puisi yang menceritakan bencana Aceh. Penonton sangat menikmati penampilan kolaborasi Rafly dan Peggy bernyanyi bersama. "Terima kasih Rafli telah membuat kami rindu akan Nangroe Aceh Darussalam," ujar Abdul Razak, salah satu tokoh Aceh di AlKhor.

Sementara itu Wakil Bupati Pidie Jaya menyampaikan terima kasih kepada panitia yang menjadikan malam pengumpulan dan sukses. Presiden ACT, N. Imam Akbari merasa terhormat karena dapat bekerjasama dalam malam amal di Qatar. Tokoh pendidikan asal Aceh, Prof Dr. Irwan Abdullah memotivasi WNI untuk solidaritas terhadap bencana gempa.

Malam pengumpulan dana dimotori Peggy Melati Sukma dan Nong Niken, pemenang Kontes Dangdut Indonesia dan pembawa acara Hijab Muslim pada TV MNC, turut menghibur sebagai pembawa acara. 

Ketua Panitia Pelaksana, Hermansyah, mengatakan konser amal dilakukan selama empat hari di berbagai tempat di kota Alkhor, Wakrah dan Doha dari tanggal 17 hingga 20 Februari mendatang.

Menurut Bendaharawan Masmeqar, Said Malawi,  dipilihnya kompleks Al-Khor Community (AKC), Alkhor, karena terdapat komunitas diaspora Indonesia terbesar di dunia dengan sekitar 1500 WNI. Pada malam dana terkumpul sekitar Rp 450 juta.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017