Banda Aceh, Aceh (ANTARA News) - Kodam Iskandar Muda menggandeng sejumlah BUMN melaksanakan program bedah rumah tak layak huni untuk para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia Markas Daerah Aceh.

Bukan rahasia lagi kondisi perekonomian para veteran yang hampir semuanya sudah lanjut usia itu sangat memprihatinkan.

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman, saat berbincang dengan sejumlah pimpinan BUMN setempat, di Banda Aceh, Aceh, Senin, menyatakan, "Tak hanya bedah rumah veteran, BUMN juga akan menggelar pasar murah, Program BUMN Mengajar, pertukaran siswa mengenal nusantara, pembinaan mantan atlet, dan lain-lain."

Adapun BUMN yang ikut serta di antaranya PT Inalum, PTPN 1 dan PT Pos Indonesia.

Menurut Sulaiman, masih banyak veteran di Provinsi Aceh tinggal di rumah yang tidak layak huni. Dengan kerja sama Kodam Iskandar Muda dan BUMN ini, diharapkan para pejuang bangsa itu bisa menempati rumah layak huni.

Terdapat lebih dri 1.000 veteran di Aceh yang rumahnya dari kayu dan lantai rumahnya tanah. Bahkan, ada yang MCK di luar rumah. Padahal mereka semua sudah berusia lanjut.

"Semakin layak rumah yang dihuni para veteran, maka turut meningkatkan pula kualitas hidup mereka. Karena itu, Kodam Iskandar Muda mendukung sepenuhnya program bedah rumah veteran. Dan ini juga menggambarkan kepedulian TNI kepada para veteran," katanya.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017