Surabaya (ANTARA News) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, membuka Apel Komandan Satuan TNI AL, di atas KRI Surabaya-591, Rabu.

"Panglima Komando Armada Indonesia Kawasan Timur  TNI AL, Laksamana Muda TNI Darwanto, turut menghadiri pembukaan apel itu," ujar Kepala Dinas Penerangan Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, Letnan Kolonel Khusus Maman Sulaeman, melalui surat elektronik, di Surabaya.

Semua pucuk pimpinan komando utama TNI AL, para asisten kepala staf TNI AL, dan pejabat-pejabat matra laut TNI itu hadir.

Sulaeman menjelaskan, apel komandan satuan TNI AL 2017 diikuti 310 personil di atas KRI Surabaya-591 yang sedang berlayar di perairan Selat Sunda menuju Pantai Caligi, Lampung.

"Pada tahun-tahun sebelumnya apel komandan satuan TNI AL berlangsung di pangkalan yang hanya berisikan materi berupa pembekalan. Baru pada tahun ini pelaksanaan apel komandan satuan TNI AL dilaksanakan di atas kapal perang sambil berlayar," jelasnya.

Supandi saat pembukaan, mengatakan, penyelenggaraan apel di atas KRI Surabaya-591 sambil berlayar untuk mempertegas bahwa medan tugas utama TNI AL adalah di laut.

Menurut dia, selama penyelenggaraan apel di atas KRI Surabaya-591 yang sedang berlayar, para peserta akan melaksanakan lokakarya dan diskusi interaktif.

"Kegiatan apel komandan satuan kali ini juga akan diisi ketangkasan prajurit untuk membangkitkan kembali jiwa keprajuritan yang ada di dalam diri para peserta apel komandan satuan," terangnya.

Selanjutnya dia berharap, melalui kegiatan ini, para peserta apel komandan satuan dapat memberikan masukan-masukan yang konstruktif guna mendukung kebijakan TNI AL yang telah ditetapkan.

Pewarta: Slamet Sudarmojo dan Hanif Nashrullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017