Elang jawa dilepasliarkan di Patenggang

Elang jawa dilepasliarkan di Patenggang

Elang jawa dalam kandang rehabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya. (ANTARA FOTO/Regina Safri)

Bandung (ANTARA News) - Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) melepas liarkan burung jenis elang jawa (Spizaetus bartelsii) di hutan Situ Patenggang, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat,  guna melestarikan kembali populasi elang endemik Pulau Jawa di habitat itu.

Manager Operasional PKEK, Zaini Rakhman, Jumat, mengatakan, elang jawa itu sebelumnya dipelihara warga, kemudian direhabilitasi PKEK sebelum dikembalikan ke habitatnya.

Pelepasliaran elang jawa itu bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Elang jawa yang dilepasliarkan itu satu jantan usia 2,5 tahun atau sudah siap hidup di alam bebas.

Upaya selanjutnya, PKEK akan melepasliarkan kembali satu elang jawa betina agar terjadi peningkatan populasi elang. "Tadinya mau dilepas dengan betinanya tapi elangnya (betina) belum siap umur," katanya.

Elang jawa --sebagaimana karakter hampir semua elang-- hidup soliter dengan pasangannya. Dia membuat sarang di ketinggian pohon dan bertelur sangat sedikit.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar