Port-Au-Prince (ANTARA News) - Presiden Haiti, Jovenel Moise, menunjuk seorang dokter kurang dikenal, Jack Guy Lafotant, menjadi perdana menteri negara itu, Rabu.

Lafontant akan menjadi perwakilan pemerintah dalam menjalani agenda legislatif di parlemen. Dokter itu dipilih dua pekan setelah Moise menjabat Presiden.

Jika parlemen menyetujui pilihan Presiden, maka Lafotant akan menjadi petinggi pertama pemerintahan terpilih di Haiti pada tahun ini. Lafotant adalah ketua badan amal Rotary Club di Petionville, wilayah elit di Haiti.

Apabila disahkan nanti, Lafotant akan berwenang menunjuk seseorang menjadi menteri.

Moise mengumumkan penunjukan Lafotant via media sosial Twitter. Ia mengaku telah berkonsultasi dengan ketua anggota dewan di parlemen.

Namun, Moise tidak menjelaskan pertimbangannya memilih Lafotant. Media setempat meyakini, dua pria itu adalah teman dekat.

Haiti sempat dipimpin oleh pejabat sementara sejak Michel Martelly, presiden sebelumnya yang mendukung Moise mundur dari jabatannya awal tahun lalu.

Akan tetapi, turunnya Martelly tidak diikuti pemilihan presiden pengganti. Moise kurang banyak dikenal publik, hingga akhirnya ia diusung sebagai presiden oleh Martelly.

Partai Bald Heads beserta koalisi pendukung Moise dikabarkan menguasai kursi mayoritas di parlemen.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017