Surabaya (ANTARA News) - Tim putri Mutiara Cardinal Bandung di luar dugaan bisa menang mudah atas unggulan pertama Berkat Abadi Banjarmasin dalam final Djarum Suparliga Badminton 2017 dan mengantarnya meraih gelar pertama superliga pertamanya.

Mutiara Cardinal Bandung yang baru kali pertama berhasil tembus partai final dalam 10 kali keikutsertaannya sejak 2007 lalu, mengalahkan debutan final lainnya yang juga merupakan debutan turnamen, Berkat Abadi, dengan skor telak 3-0.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di DBL Arena, Surabaya, Sabtu tersebut, Hanna Ramadini membuka kemenangan Mutiara dengan mengalahkan pemain pemain Timnas China Zhang Beiwen dua game langsung 21-15, 21-10.

Ganda pertama Mutiara, Yulfira Barkah/Tiara Rosalia Nuraidah juga berhasil menyumbangkan angka bagi klub berbasis di Kota Kembang itu dengan membungkam pemain senior asal klub Berkat Abadi Rizki Amelia Pradipta/Greysia Polii 21-15, 21-14.

Kemenangan Mutiara ditentukan di partai ketiga, di mana tunggal putri muda Indonesia Gregoria Mariska Tunjung yang menyudahi permainan baik dari pemain Hong Kong Yip Pui Yin.

Dalam posisi unggul 2-0, permainan Grego (sapaan akrab Gregoria Mariska) tampak lebih bersemangat menghadapi pemain 29 tahun tersebut, terlebih dukungan para penonton di arena seakan tertuju padanya.

"Grego ... Grego ... Grego ...," teriak penonton yang diiringi tepukan tangan. Pemain 17 tahun tersebut memenangkan game pertama 21-18.

Di game kedua, Grego kembali melancarkan serangan-serangan drop shot dan smash yang mematikan, namun Yip masih bisa meladeninya, hingga interval pertama skor ketat terjadi, namun masih memihak pada pemain Cardinal 11-9.

Di interval kedua, pertandingan ketat dengan kejar mengejar angka kembali terjadi antara dua pemain beberapa kali, Yip sempat mengungguli pemain kelahiran Wonogiri tersebut 16-18. Akan tetapi, perolehan angka pemain top di dunia tersebut akhirnya terhenti hingga akhirnya pertandingan bisa dimenangkan Grego 21-18.

Atas hasil ini, Mutiara Cardinal Bandung menjadi juara Djarum Superliga Badminton 2017 sektor putri.

Sementara, di pertandingan lainnya, dalam perebutan juara ketiga sektor putri, wakil Jepang Hokuto Bank berhasil menumbangkan Tjakrindo Masters 3-2 dan menjadi pemenangnya.

Poin kemenangan Hokuto diperoleh dari Matsumoto Mayu/Nagahara Wakana yang mengalahkan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Meirisa Cindy Sahputri 21-11, 21-12; Nagata Rei yang menumbangkan Aprilia Yuswandari 21-9, 21-19; serta Nakamura Yuri yang menggulung Yasuda Miku 21-12, 21-14.

Sementara, poin bagi Tjakrindo dicetak oleh Fitriani yang mengalahkan Kawakami Saena 21-14, 21-9; dan Miki Kashihara/Miyuki Kato yang menyudahi perlawanan Uratani Natsumi/Murayama Yumi dalam pertarungan tiga game 22-20, 20-22, 21-13.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017