Hollywood (ANTARA News) - Film Zootopia meraih Piala Oscar untuk kategori film animasi terbaik pada Minggu waktu setempat (26/02).

Film itu mengisahkan tentang polisi kelinci pemberani, Judy Hopps, yang bersama dengan satu rubah memecahkan kejahatan di kota metropolis yang dihuni populasi beragam hewan.

Zootopia mengalahkan satu film lain Disney, Moana, serta Kubo and the Two Strings, The Red Turtle, dan My Life as a Zucchini.

Film yang menerima pujian dari para kritikus itu meraup lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat (sekitar Rp13,3 triliun) di box office seluruh dunia.

"Lima tahun lalu, sekarang hampir enam tahun, astaga, kami mendapatkan ide gila untuk membahas tentang kemanusiaan lewat hewan yang berbicara dengan harapan bahwa ketika film ini keluar, itu akan membuat dunia menjadi tempat yang sedikit lebih baik," kata salah satu sutradara, Byron Howard.

"Dan kami sangat berterima kasih kepada penonton di seluruh dunia yang menerima film ini dengan kisah bahwa toleransi lebih kuat daripada rasa takut akan hal-hal lainnya," kata salah satu sutradara Rich Moore, yang sebelumnya mengantongi unggulan untuk Wreck-It Ralph.

Zootopia menghadirkan Ginnifer Goodwin sebagai pengisi suara Hopps dan Jason Bateman sebagai temannya, mantan penipu, Nick Wilde.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017