Semarang (ANTARA News) - Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, bersiap melayani lebih banyak penumpang pada 2018 dengan pengembangan sejumlah fasiltas baru bandara termasuk gedung terminal.

Manajer Teknik Pengembangan Bandara Ahmad Yani I Ketut Aryana di Semarang, Selasa, mengatakan pengerjaan paket tiga ini memakan waktu lima bulan dan saat ini hampir selesai. Pengembangan bandara dibagi dalam lima paket dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2018.

"Dari seluruh paket ini, paket tiga adalah induk dari proyek pengembangan bandara. Di sini kami membangun gedung terminal beserta peralatan penunjangnya," katanya.

Ketut mengatakan jika saat ini terminal penumpang hanya berkapasitas 2.000 penumpang/hari, kedepan bisa mencapai 10.000 penumpang/hari.

Selain itu, pihaknya juga akan menambah jumlah loket untuk check in calon penumpang. Jika saat ini jumlah loket hanya 12, nanti akan mencapai 40 loket.

"Penambahan jumlah counter ini untuk mengurangi antrean panjang, dengan demikian penumpang akan lebih nyaman dan tidak terburu-buru," katanya.

Terminal penumpang akan dibagi tiga lantai dengan lantai ketiganya adalah executive lounge. Nantinya, gedung tersebut akan lengkapi dengan eskalator dan travelator.

Sementara itu, dari sisi kawasan parkir, PT Angkasa Pura I akan membangun gedung parkir dengan kapasitas 2.300 kendaraan.

"Kalau yang existing saat ini hanya berkapasitas 350-an kendaraan. Nantinya kawasan parkir bukan hanya di gedung tetapi juga akan ada kawasan parkir luar, jadi kapasitasnya akan lebih banyak," katanya.

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017