Manado (ANTARA News) - Rute penerbangan menuju ke Pulau Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, yang berbatasan dengan negara tetangga Filipina direncanakan dibuka pada Maret mendatang.

"Wings Air sudah resmi diizinkan terbang dari Manado ke Miangas dan transit Melonguane," kata GM Angkasa Pura I Nugroho Jati di Manado, Selasa.

Menurut dia, dibukanya rute penerbangan itu adalah komitmen kuat Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw serta doa masyarakat Sulut.

Dibukanya penerbangan ke salah satu pulau terluar yang berbatasan dengan Filipina itu ditanggapi positif Koordinator Satuan Tugas Pariwisata Sulawesi Utara Dino Gobel.

Menurut dia, keterhubungan antarwilayah akan mempercepat pembangunan berbagai sektor di Miangas.

"Terbukanya akses penerbangan akan menjadikan wilayah perbatasan Miangas dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai gerbang terdepan utara Indonesia. Infrastrukur ini pasti akan menopang ekonomi, perikanan dan pariwisata perbatasan," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud merespon positif rencana pemerintah membuka rute ke bandara Miangas.

"Ini menjadi satu kebanggaan. Pasti pemerintah dan masyarakat akan memanfaatkan sebaik mungkin kemudahan ini," kata Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017