Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyempatkan membuat video blog (VLOG) bersama Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud disela jamuan makan siang di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Presiden Jokowi memulai vlog-nya dengan mengucapkan salam.

"Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud. Beliau baru makan," kata Presiden Jokowi, yang kemudian mengarahkan kameranya ke arah Raja Salman yang sedang menyantap makanan.

"Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dua tahun yang lalu," ujar Jokowi.

"Saat itu saya menyampaikan undangan agar beliau Sri Baginda Raja Salman bisa berkunjung ke Indonesia. Dan kuinjungan ini merupakan kunjungan balasan atas kedatangan saya ke Arab Saudi tahun 2015 yang lalu," kata Jokowi.

"Kunjungan ini juga merupakan kunjungan bersejarah setelah 47 tahun Raja Saudi Arabia ke Indonesia," tambahnya.

Setelah itu Jokowi kembali mengarahkan kembali kameranya ke arah Raja Salman.

"Beliau mungkin ingin menyampaikan sedikit kepada kita semuanya. Silakan Sri Baginda," ujar Presiden.



Dengan dibantu penerjemah, Raja Salman menyampaikan bahwa dirinya senang bisa berkunjung ke Indonesia.

"Saya sangat senang sekali saat ini berada di Indonesia. Senang dengan rakyat Indonesia. Dan saat ini saya dengan Yang Mulia Presiden Indonesia," kata Raja yang berusia 81 tahun itu.

"Dan bagi kami rakyat Indonesia adalah merupakan saudara kami dan juga rakyat yang sangat mulia," tambahnya.

Jokowi terlihat tersenyum lebar saat kembali mengarahkan kamera ke wajahnya.

"Terima kasih, Yang Mulia, terima kasih" ucap Jokowi.

"Semoga kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan baik kita antara Kerajaan Saudi Arabia dengan negara kita Indonesia, hubungan yang saling menguntungkan. Wassalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh," tutup Jokowi.

Presiden Jokowi menambah aktivitasnya di media sosial dengan turut membuat vlog sejak awal Februari saat ia hendak bertolak ke Yogyakarta untuk menonton langsung turnamen sepakbola Piala Presiden 2017 yang diadakan di Stadion Maguwoharjo. Ia kembali mengunggah video pada sore hari. Kali ini berada di Stadion Maguwoharjo, lengkap dengan sorak sorai penonton.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017