Jambi (ANTARA News) - Para insan olahraga di Provinsi Jambi khususnya cabang akuatik turut berduka setelah mendapat kabar telah meninggal legenda renang Indonesia, Radja Nasution, yang menghembuskan nafas terakhirnya Kamis di Jakarta.

Kepergian Radja Nasution yang pernah mengukir sejarah olahraga Jambi itu juga menyisakan duka yang mendalam bagi Provinsi Jambi. Betapa tidak, Raja merupakan mantan pelatih renang Jambi yang banyak melahirkan prestasi perenang dan polo air Jambi diera tahun 1990-an.

Diera keemasannya, Raja Nasution membuat cabang olahraga akuatik terutama renang dan polo air Jambi disegani kancah olahraga nasional. Sejumlah medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) telah dipersembahkannya untuk sepucuk Jambi Sembilan lurah.

Ketua Umum Pengprov PRSI Jambi, Yopi Muthalib yang juga mantan atlet binaan almarhum Radja Nasution itu, mengatakan, kami keluarga besar olahraga akuatik Jambi mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya pelatih dan sekaligus orang tua kami pak Radja yang selama ini telah membangun dan melahirkan serta mengukir sejarah prestasi di cabang akuatik.

Sebagai bentuk kecintaanya terhadap Jambi, ayah dari Elfira Rosa Nasution, Maya Masita Nasution, Elsa Manora Nasution, Kevin Rose Nasution dan M Akbar Nasution itu menyempatkan diri hadir pada Porprov Jambi ke-XXI/2015 di Kabupaten Batanghari.

Kala itu, Pak Radja Nasution menyaksikan langsung pertandingan yang digelar dikolam Renang Sport Center, Muarabulian.

Sakit Diabetes, penyakit gula darah yang di deritanya sejak 2008 lalu tidak menghentikan langkahnya untuk memberikan semangat pada atlet Jambi. Luar biasanya lagi, dia sanggup menunggu diatas kursi rodanya hingga pertandingan usai digelar perenang dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Ketua KONI Provinsi Jambi, Indra Armendaris juga mengucapkan duka cita yang mendalam atas kepergian legenda renang tersebut dan menurutnya, Jambi sangat merasa kehilangan sosok pahlawan renang yang dulu mengharumkan nama Jambi.

"Saya sudah mendapatkan kabar itu dari teman-teman. KONI merasa kehilangan seorang pahlawan renang, yang dulu pernah mengharumkan nama Jambi," kata Indra Armendalis.

Dia mengatakan, KONI mendoakan agar almarhum diberikan tempat yang layak disisi Tuhan. Tentunya kedepan, KONI berharap agar lahir perenang handal seperti keluarga dari pak Radja Nasution.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017