STQ upaya tumbuhkan cinta Al Quran

STQ upaya tumbuhkan cinta Al Quran

ilustrasi: Menag Lukman Hakim Saifuddin didampingi Sekjen Nur Syam, Dirjen Bimas Islam Machasin, Irjen M. Jasin (kanan) menekan tombol sirine tanda dibuka resminya Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat nasional ke XXIII di Asrama Haji Pondok Gede, Senin (10/08/15) malam. (foto:snd/dm). ()

Buntok, Kalteng (ANTARA News) - Kementrian Agama Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengatakan kegiatan Seleksi Tilawatil Quran untuk menumbuhkan kecintaan umat kepada Al Quran.

"Melalui kegiatan STQ ini akan diperoleh kemampuan untuk lebih memahami makna dan isi Al-Quran dan mengetahui cara mengamalkannya," kata Kepala Kemenag Barsel Sufiani di Buntok, Jumat malam.

Ia mengatakan, dalam penyelenggaraan kegiatan STQ ini dari tahun ke tahun, sudah menunjukan hasilnya semakin meningkat kalau kita dilihat dari sudut seni.

"Sedangkan sebagai sarana pengembangan ilmu dan agama belum menunjukan dampak yang luas dalam masyarakat kita," ucapnya pada acara pembukaan STQ ke-21 Barito Selatan.

Menurut dia, kenyataan ini memberikan isyarat bahwa masih belum banyak orang yang mengamalkan Al Quran dan masih banyak nilai-nilai luhurnya yang harus digali bersama.

"Karena, penyelenggaran STQ ini tidak hanya sekedar bermakna syariat, akan tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al Quran dimasyarakat," ucap dia.

Ia menyampaikan, kajian Al Quran perlu digiatkan pada masyarakat menuju pemahaman yang utuh dan benar yang memerlukan bimbingan alim ulama, Ustadz, Ustadzah yang berkompeten dibidangnya.

Oleh karena itu pentingnya keteladanan dan pengamalan nilai-nilai Al Quran sebagai pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun non formal.

"Yang terpenting adalah keteladanan orang tua terhadap anaknya, guru-guru di sekolah, keteladanan pemimpin, baik melalui kebijakan maupun perilaku kepemimpinan yang menjadi tolak ukur masyarakat," ucap dia.

Kegiatan STQ ke XXI tingkat kabupaten tersebut berlangsung di aula masjid Agung Baiturrahman Buntok yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel, Edi Kristianto.

Adapun cabang lomba pada STQ ke XXI tingkat kabupaten setempat yakni Tilawah dan golongan Tartil golongan anak-anak, remaja dan tahfis 1 juz +tilawah, 5 juz +tilawah dan tahfis 10juz.

Pewarta: Bayu Ilmiawan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Ribuan peserta ikuti pawai ta’aruf pembukaan STQ se Kalteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar