KRL Jabodetabek uji coba alat bantu disabilitas

KRL Jabodetabek uji coba alat bantu disabilitas

Rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline melintas di Stasiun Tanah Abang, Jakarta. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Pengguna KRL dengan disabilitas yang memerlukan portable ramp ini akan dibantu oleh petugas pelayanan penumpang di stasiun
Jakarta (ANTARA News) - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) melakukan uji coba alat bantu bagi penyandang disabilitas berupa undakan jinjing (portable ramp) bagi pengguna kursi roda yang hendak masuk ke dalam kereta.

Vice President Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan alat tersebut berupa papan aluminium lipat yang fleksibel untuk dipindahkan dan akan digunakan untuk membantu penumpang KRL yang menggunakan kursi roda naik atau turun dari KRL.

Menurutnya, purwa rupa alat tersebut telah diuji coba dan selanjutnya akan diproduksi untuk digunakan di sejumlah stasiun kereta.

PT KCJ menargetkan pada Mei telah tersedia alat tersebut di 74 stasiun kereta api.

"Pengguna KRL dengan disabilitas yang memerlukan portable ramp ini akan dibantu oleh petugas pelayanan penumpang di stasiun," papar Eva.

Pola perbantuan bagi penumpang disabilitas pengguna alat ini, dimulai dengan penumpang akan dibantu oleh petugas pelayanan di stasiun awal sampai dengan naik kereta kemudian berkoordinasi dengan petugas pengawal kereta.

Sesampainya di Stasiun tujuan petugas pelayanan penumpang yang telah mendapat notifikasi dari petugas pelayanan penumpang di stasiun awal akan melayani penumpang dengan disabilitas.

Eva mengatakan layanan ini merupakan lanjutan pelayanan bagi penumpang disabilitas, setelah sebelumnya dilakukan pemasangan ubin disabilitas di 35 stasiun yang melayani KRL.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar