Jakarta (ANTARA News) - Para Delegasi KTT IORA yang hadir dalam jamuan makan malam di Jakarta disuguhi beragam kuliner khas nusantara di antaranya soto Kudus dan lumpia basah.

Jamuan makan malam merupakan salah satu agenda dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Senin malam.

Pada kesempatan itu hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk memberikan sambutan dan apresiasi atas kehadiran tamu-tamu dari negara anggota IORA.

Sebagai bentuk apresiasi atas kehadiran para delegasi dalam KTT yang disebut sangat bersejarah itu maka beragam kuliner khas Indonesia disajikan.

Beberapa hidangan istimewa yang tersaji untuk mereka di antaranya lumpia basah, ikan tuna, dan soto Kudus yang merupakan makanan khas Jawa Tengah.

Ada pula nasi hijau gulai ikan kakap yang berasal dari Sumatera Utara dan kue ubi cilembu dari Jawa Barat.

Sebelum memulai jamuan santap malam, para tamu disuguhi tarian kolosal Maritim Jaya yang dipersembahkan oleh Kinarya GSP.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang kepada para delegasi peserta KTT IORA yang hadir.

"Selamat datang di Jakarta, ibukota Republik Indonesia, sekaligus pusat niaga dan pusat bisnis Indonesia. Kami sangat mengapresiasi dan menghormati kehadiran Bapak dan Ibu pada acara yang bersejarah, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi pertama, dalam dua puluh tahun sejarah IORA," ucap Presiden.

Beberapa kepala negara/kepala pemerintahan yang hadir pada jamuan santap malam ini adalah Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Ibu Bongi Ngema Zuma, Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, Presiden Mozambik Filipe Nyusi, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, serta Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan Ibu Rosmah Mansor.

Selain itu juga hadir, Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, para ketua lembaga tinggi negara, dan para menteri Kabinet Kerja.

Pewarta: Hanni Sofia/Bayu Prasetyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017