Jakarta (ANTARA News) - Forward Dallas Mavericks Dirk Nowitzki masuk sejarah NBA setelah melewati 30.000 poin saat mengantarkan timnya menang 122-111 melawan Los Angeles Lakers, Rabu pagi WIB, untuk masuk enam pemain dalam sejarah NBA yang mengumpulkan 30.000 poin ke atas.

Pemain asal Jerman yang mencetak poin ke-30 ribunya pada awal kuarter kedua itu kemudian melampaui catatan 30.000 poin setelah melepaskan lembaran tiga angka yang membuat penonton di Dallas American Airlines Center bersorak sorai saat pertandingan tersisa 9 menit 54 detik lagi.

Pada laga ini Nowitzki total menyumbangkan 20 poin. Rekan-rekan satu timnya di Mavericks, bersama pemilik klub Mark Cuban, menyerbu Nowitzki saat timeout.

Nowitzki bergabung dengan Kareem Abdul-Jabbar, Karl Malone, Kobe Bryant, Michael Jordan dan Wilt Chamberlain sebagai para pemain yang mengumpulkan 30.000 poin.

"Saya harus berterima kasih kepada Dirk Nowitzki karena mencetak 30.000 poin. Saya menyaksikan pertandingan itu. Selamat," kata LeBron James lewat Twitter.

Komisioner NBA Adam Silver juga memberikan selamat.

"Selama 19 musim bersama Mavericks, Dirk telah menjadi pemain model dan duta besar yang hebat untuk cabang olah raga kita," kata dia seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017