Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat banjir masih menggenangi empat kabupaten di provinsi tersebut.

"Pendataan terakhir kami, banjir masih terjadi di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu, dan Kuantan Singingi," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menuturkan Kabupaten Kampar merupakan wilayah yang terdampak banjir cukup parah.

Berdasarkan data BPBD pada Jumat (10/3), terdapat 15 kecamatan dan puluhan desa yang terendam banjir.

Ke-15 kecamatan itu adalah Koto Kampar, Gunung Sahilan, Siak Hulu, Air Tiris, Perhentian Raja, Rumbio Jaya, Kampar, Koto Kampar Hulu, Kampar Utara, Bangkinang Kota, Tambang, Siak Hulu, Perhentian Raja, Kampar Kiri Hilir, dan Tapung Hulu.

Sementara itu, adanya jalan rusak dan terputus menyebabkan sejumlah kecamatan terisolasi sehingga penyaluran bantuan oleh BPBD terganggu.

Data yang dirilis BPBD Riau, terdapat 14 desa di dua kecamatan yang terisolir akibat jalan rusak dengan lebih dari 5.427 keluarga kesulitan akses untuk keluar.

Data ini berbeda dengan yang disampaikan oleh BPBD Kampar, yang sebelumnya menyatakan hanya 1.500 keluarga terisolasi akibat putusnya jalan.

"Petugas kami bersama seluruh instansi terkait terus berusaha menerobos jalan yang rusak untuk menyalurkan bantuan ke masyarakat yang terisolir," ujar Jim.

Sementara itu, di Pelalawan, banjir dilaporkan terjadi di empat kecamatan yakni Langgam, Ukui, Pelalawan, dan Pangkalan Kerinci.

Lebih dari 1.295 keluarga dan sejumlah sekolah terendam banjir di Pelalawan.

Menurut dia, banjir di Kampar dan Pelalawan selain disebabkan intensitas hujan tinggi, juga akibat pembukaan waduk PLTA Koto Panjang yang menyebabkan debit air Sungai Kampar melimpah.

Sungai Kampar itu membelah dari Kampar hingga ke Pelalawan.

Di Rokan Hulu, banjir dilaporkan menggenangi empat kecamatan yakni Bonai Darussalam, Rambah, Tambusai, dan Rambah Hilir.

"Sekitar 6.185 jiwa terdampak banjir di Rokan Hulu, dengan sebagian di antaranya mengungsi," jelasnya.

Terakhir di Kuantan Singingi, banjir terjadi di Kecamatan Mudik, Gunung Toar, dan Hulu Kuantan dengan lebih dari 600 kepala keluarga terdampak bencana.

Jim menuturkan BPBD Riau bersama seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat terus berusaha memberikan bantuan dan pertolongan kepada korban banjir di empat kabupaten tersebut.

Baca juga: (2.469 rumah di Riau terendam banjir)

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017